Madura, pens.ac.id – Prestasi gemilang kembali diraih mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Kali ini datang dari dua mahasiswa Sistem Pembangkit Energi yaitu, Moch. Saifi Hidayatullah dan Andiko Adi Pratama yang berhasil meraih Juara 2 Kategori Iklan Layanan Masyarakat pada ajang Trunojoyo Creative Competition (TCC) 2019. Berlangsung selama dua hari (26-27/10), kegiatan tersebut bertempat di Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Kompetisi ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Creative Computer Club (Triple-C) UTM. Pada kejuaraan dibidang Information Technology (IT) ini, terbagi dalam tiga kategori jenis perlombaan. Diantaranya Game Edukasi, Desain Grafis dan Video Iklan Layanan Masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga dibuka bagi pelajar SMA/SMK Sederajat dan Mahasiswa se-Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, tim ini tergabung pada kategori video iklan masyarakat dengan mengusung judul Aksi Sosial Peduli Sampah. Hal itu berawal dari keprihatinan mereka pada tingkat kepedulian penduduk Indonesia terhadap lingkungan. “Kami membuat video ini mengangkat dari permasalahan yang ada pada penduduk Indonesia perihal peduli lingkungan dan kesehatan. Karena berdasarkan data, dari total penduduk Indonesia, hanya sebesar 20 persen saja masyarakat peduli akan hal tersebut.  Selain itu, Indonesia juga yang menempati posisi nomor dua produksi sampah terbanyak di dunia,” ujar Moch. Saifi, salah satu anggota tim.

Pada konsep video yang sukses meraih Juara 2 ini, menggambarkan banyaknya sampah yang dibuang di sungai dan bermuara di laut. Hal itu membuat biota laut tercemar dan memiliki dampak berupa terganggunya kesehatan penduduk Indonesia. Harapannya, dengan video yang telah dibuat tersebut, penduduk Indonesia dapat termotivasi mengubah mindset-nya untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Serta, menjadi gambaran untuk mahasiswa agar berperan langsung memberikan sebuah perubahan yang lebih baik lagi untuk masyarakat Indonesia. (raf/umi) 

wpChatIcon
EnglishIndonesian