Madura, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mencetak prestasi di kancah Nasional. Dalam kompetisi yang bertajuk Mechatronics Robotic Competition (MRC), dua tim asal PENS sukses borong dua gelar juara sekaligus yakni Tim AituMega yang keluar sebagai Juara 1 serta Juara 3 yang diraih oleh Tim Cendol Dawet. Berlangsung selama dua hari (19-20/10), kompetisi yang bertempat di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tersebut diikuti oleh siswa SMA sederajat serta mahasiswa dari berbagai daerah.

Mengusung tema “Fighting in The Fire Battle”, kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Mekatronika UTM. Merupakan tahun kelima pelaksanaannya, kegiatan terbagi menjadi dua kategori perlombaan yaitu Line Follower Mikrokontroller dan Line Follower Analog. Usai mengikuti technical meeting dihari pertama, para peserta diperbolehkan melakukan open track pada race perlombaan.

Setelah menyelesaikan empat babak pertandingan, akhirnya Tim AituMega yang beranggotakan Andre dan Ghagas Prabaswara yang berasal dari mahasiswa Teknik Elektronika serta Tim Cendol Dawet yang beranggotakan Andi Mei Prasetyo Isworo dari Jurusan Teknik Elektronika dan Hasan Zainur Rohman dari Jurusan Teknik Telekomunikasi berhasil masuk podium tiga besar. “Yang pasti senang, alhamdulillah bisa membawa juara, mengharumkan nama PENS, jurusan, dan sebagainya,” tutur Andi Mei Prasetyo selaku Ketua Tim Cendol Dawet.

Dengan persiapan yang dilakukan selama dua minggu, kriteria penilaian dari para dewan juri meliputi poin terbanyak dan waktu tercepat. Diharapkan selain dapat menambah wawasan baru bagi para peserta, juga dapat menginspirasi mahasiswa PENS agar terus mengembangkan bakat dalam diri dengan mengikuti berbagai perlombaan. “Semoga semakin banyak mahasiswa yang berprestasi di rana bidang masing-masing, karena tiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda dan itu bisa menjadi prestasi bagi dirinya sendiri,” Ketua Tim AituMega, Ghagas Prabaswara. (biy/msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian