Surabaya, pens.ac.id – Guna memberikan edukasi mengenai salah satu fitur dari Google kepada para mahasiswa, Komunitas Developer Student Clubs (DSC) PENS usai menghelat Get Hands-on with Cloudy Study Jams pada Sabtu (26/10). Pada kesempatan ini, turut dihadiri oleh Muhammad Alan Nur, Excel Daris Fadhillah, dan Sulaiman selaku pemateri serta Core Team dari DSC PENS. Bertempat di Ruang Sidang Lantai 2, Gedung D4 PENS, kegiatan ini terbuka untuk umum.

Dimulai pada pukul 08.00 WIB, kegiatan ini diawali dengan pengenalan program-program yang ada dalam DSC. Selain itu, berbagai program maupun agenda mingguan pun disampaikan pada kesempatan kali ini. Materi-materi tersebut disampaikan oleh Muhammad Alan Nur selaku penanggung jawab sekaligus pemateri. Menuju ke materi kedua yakni Google Clouds Study Jams yang disampaikan oleh Excel Daris Fadhillah. Materi yang dipaparkan tersebut mulai dari bagaimana cara login kesebuah link hingga Google Cloud menggunakan Labs yang berkualitas dari Qwiklabs dengan cuma – cuma

Dilanjutkan dengan materi yang terakhir yakni terkait dengan Kubernetes in Google Cloud, materi ini disampaikan oleh Sulaiman.  Kubernetes merupakan software atau tools microservice yang mengelola bagian kontainer yang membentuk suatu aplikasi dalam bentuk unit logis yang memudahkan proses manajemen dan discovery. “Kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk belajar membuat solusi dengan pendekatan teknologi yang ada,” ujar Muhammad Alan Nur.

Merupakan langkah awal untuk pengenalan juga pendekatan terkait google, diharapkan bisa memberikan pembelajaran juga pemahaman terkait DSC. Dengan kegiatan ini nantinya para peserta bisa mengetahui apa yang akan dilakukan kedepannya juga apa yang akan diperoleh seusai bergabung dengan komunitas ini. “ Sasaran awal kita sendiri untuk mahasiswa PENS, tidak menutup kemungkinan kita juga membuka untuk umum, sehingga mereka bisa mengerti dan mengimplementasikan apa yang sudah didapat,” imbuhnya. (msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian