Sidoarjo, pens.ac.id – EEPIS Bidikmisi Organization (EBIO) usai menggelar kegiatan Bakti Sosial bertajuk “Satu Pohon Selamatkan Negeri” pada Sabtu (19/10). Kegiatan ini bertujuan guna mewujudkan kepedulian terhadap sesama yang lebih membutuhkan bantuan juga untuk pelestarian alam dan penanggulangan banjir. Dihadiri mahasiswa aktif bidikmisi PENS, kegiatan berlangsung di Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dibuka oleh ketua EBIO yakni Fega Setyawan dilanjutkan dengan sambutan pihak Pengelola Kawasan Mangrove dan perwakilan PENS yakni Hendrik Elfian GP S.T., M.T. Merupakan kegiatan kepedulian tentang pelestarian flora khususnya pohon mangrove, para mahasiswa diajak untuk terjun secara langsung dengan menaman pohon mangrove. Hal ini dilakukan sebagai wujud penanggulangan banjir yang biasanya terjadi di daerah Gunung Anyar dan juga sebagai pendukung program pemerintah Surabaya untuk mewujudkan Kebun Raya Mangrove.

Penanaman pohon sendiri dimulai pada pukul 09.00 WIB. Simbolis dimulainnya kegiatan ini ditandai dengan penanaman pohon pertama oleh pihak PENS dengan Pengelola Kawasan Mangrove. Antusiasme para mahasiswa nampak sangat senang dengan adanya kegiatan ini. ” Tujuan kegiatan ini untuk menyadarkan mahasiswa mengenai pentingnya menjaga alam untuk anak cucu di masa depan. Selain itu kita juga ingin menanggulangi banjir di daerah Gunung Anyar,”  ujar Panji Satriawan, ketua pelaksana.

Dengan usainya kegiatan bakti sosial ini, kedepannya diharapkan mampu membuka serta memberikan pengetahuan baru bagi para mahasiswa bidikmisi PENS. Selain itu juga, implementasi dan berbagai hal yang mendukung juga harus dipahami oleh para generasi muda. Diharapkan gerakan penanaman pohon yang sudah dilakukan bisa bermanfaat bagi seluruh elemen masyarakat, dan bisa terselenggara kembali disetiap tahunnya. (msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian