Surabaya, pens.ac.id – Guna meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa, Departemen Multimedia Kreatif (MMK) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah usai menyelenggarakan workshop yang bertemakan “Blogger’s Day”, pada Selasa (22/10). Bertempat di Studio Broadcasting Lantai 11 Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan ini turut mengundang dua pemateri hebat yaitu Hadi Santoso, S. Sos, dan Avy Chujnijah dengan dihadiri oleh mahasiswa aktif DTMK.

Menurut Fardani Annisa Damastuti, S.ST., M.T., selaku penanggung jawab, kegiatan ini diadakan untuk mengajak mahasiswa PENS agar mulai menulis sedari sekarang. Kampus sendiri telah memberikan wadah berupa website yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk menulis. Tujuan pengangkatan tema kali ini agar mahasiswa PENS mengetahui bagaimana cara menulis yang efektif , khususnya pada kepenulisan blog.

Dimulai pukul 09.00 WIB , acara ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yaitu pembahasan mengenai bagaimana menulis blog yang efektif yang disampaikan oleh  Avy Chujnijah. Sedangkan untuk sesi kedua yaitu penyampaian materi mengenai bagaimana meningkatkan traffic weblog oleh Hadi Santoso, S. Sos. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan ditutup dengan forum group discussion. “Setiap orang memiliki minat untuk menulis. Namun, kembali lagi mengenai ada atau tidaknya semangat dan kemauan orang tersebut. Menulis merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat, contohnya tulisan kita yang nantinya akan membantu orang lain dan memberikan manfaat bagi mereka, dan juga dari segi materi, menulis sangat menguntungkan, ” ujar Hadi Santoso.

Menulis dapat dimulai dengan suatu hal yang disukai, lalu dikembangkan. Beberapa hal yang bisa dilakukan seorang penulis yakni penulis  diharuskan untuk sering membaca untuk meningkatkan referensi yang dimiliki, agar tulisannya tidak monoton dan membosankan. Lalu untuk memperbaiki kualitas tulisan, penulis dapat meminta pendapat orang disekitar sebelum di publikasikan. Menjadi seorang penulis artinya seseorang yang akan terus belajar. Kuncinya adalah mengenai konsisten dan semangat.

Sebagai salah satu peserta kegiatan tersebut, Reza Ramdani beranggapan bahwa kegiatan tersebut telah mengubah pandangannya mengenai menulis. Sebelum acara ia berfikir bahwa menulis hanyalah sebuah kegiatan monoton yang tidak ada manfaatnya. Namun setelah itu, ia justru termotivasi untuk mengembangkan blog miliknya agar dapat bermanfaat bagi orang lain dan mendapat keuntungan. (zah/msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian