Surabaya, pens.ac.id – Kompetisi bergengsi TIK tingkat nasional yakni Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) kembali digelar. Perhelatan GEMASTIK XII tahun ini akan dilaksanakan pada 24-26 Oktober 2019 dan bertempat di Telkom University, Bandung. Tahun ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menorehkan prestasi dengan meloloskan sembilan tim terbaiknya.

Pada perhelatannya yang ke-dua belas, GEMASTIK kembali memperlombakan 11 kategori. Sebelas kategori ini yaitu Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development, Game Development, ICT Business Development, serta Smart Device, Embedded System & Io. Kompetisi ini akan menguji mahasiswa dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang/divisi lomba untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif.

GEMASTIK XII mengusung tema “Teknologi Informasi untuk Keunggulan Daya Saing Bangsa”. PENS kembali menunjukkan kiprahnya pada pagelaran ini. Sembilan tim Delegasi PENS yang berhasil menjadi Finalis GEMASTIK XII yaitu Maruchimedia pada kategori Animasi, Semangka pada kategori Smart City, Fire on Alarm pada kategori Karya Tulis TIK, Garda Berkah dan Drimtim pada kategori Software Development, SpHING, Tani Nyiram, dan Satitri pada kategori Smart Device, Embedded System & IoT, serta Tim Pandul pada kategori Game Development.

Lolosnya PENS pada enam kategori perlombaan tentunya merupakan hal yang membanggakan. Untuk mematangkan persiapan tim di babak final, telah usai dilaksanakan pembinaan intensif bagi kesembilan tim. “Kami sudah melakukan pendampingan sebenarnya sejak tahap Penyisihan I untuk beberapa kategori. Tapi setelah pengumuman finalis kemarin, kami adakah pembinaan intensif supaya persiapannya maksimal,” ujar Tri Hadiah Muliawati, S.ST., M.Kom. selaku Dosen Pembina GEMASTIK.

Pelepasan Sembilan Tim Finalis pada Selasa (22/10) menandakan berakhirnya kegiatan pembinaan yang telah dilakukan. Kesempatan ini turut dihadiri Direktur berserta Jajaran Pimpinan PENS. “Kalau melihat persiapan yang sudah dilakukan dan juga proses pembimbingan, tentu harapannya semua tim dapat lebih siap dalam menghadapi kompetisi esok. Dan harapannya bisa dapat hasil yang lebih bagus,” ujar Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. (res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian