Surabaya, pens.ac.id – Guna memberikan edukasi dibidang jurnalistik, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat kegiatan bertajuk “In House Training, Penulisan Artikel Berita Untuk Website Institusi” pada Rabu (23/10). Dalam kesempatan kali ini, turut menghadirkan pemateri yakni  Zamhari M.Kom selaku Chief Executive Officer (CEO) Kontenindo.com. Diikuti oleh perwakilan dari admin departemen serta dosen, kegiatan bertempat di Ruang Sidang Lantai 01.10 Gedung Pascasarjana PENS.

Berbagai materi turut disampaikan oleh Zamhari, mulai dari konten yang selalu update untuk publikasi institusi dimana dengan cara ini bisa mendongkrak webometrics dari suatu universitas atau perguruan tinggi dan tata cara penulisan konten dengan research keywoard yang efektif, potensial juga menarik dengan berbagai tools yang berbayar maupun gratis dari internet.  Dalam kesempatan ini pula dipaparkan bagaimana teknik-teknik memenangkan ranking suatu konten pada Google.

Berbagai tips pun diberikan oleh pemateri seperti yang paling penting dalam penulisan yakni perbanyak baca buku, karena dengan membaca dapat menambah wawasan juga referensi bahan untuk berita. Belajar dengan menulis cepat di website agar menarik dan mudah ditemukan, termasuk salah satu dari apa yang sudah dijelaskan pemateri. Selain itu, para peserta juga diajak secara langsung untuk mencoba membuat sebuah artikel yang langsung diimplementasikan di website. Dengan kata lain, artikel-artikel ini nantinya bisa tertarget dan nantinya bisa dibaca kemudian website tersebut akan dikenal.

Bermula dari permasalahan mengenai website-website yang ingin memuat berbagai konten baru, hal ini yang mendasari kegiatan ini diselenggarakan. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para admin bisa lebih produktif untuk menulis sehingga akan menghasilkan banyak konten yang bermanfaat dan bisa mudah ditemukan dengan keywoard yang familiar,” ujar Aliv Faiz Muhammad, Ketua pelaksana. Dihelat pertama kalinya, diharapkan dengan usainya kegiatan ini mampu memberikan ilmu baru juga teknik-teknik penulisan website bagi para admin departemen. Sehingga nantinya website-website yang ada bisa selalu up to date dan berita yang dimuat bisa memberikan informasi lebih. (msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian