Surabaya, pens.ac.id  – Turut Bekerja sama dengan 23 politeknik di seluruh Indonesia, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mempercayakan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai Tuan Rumah dalam pelaksanaan Digital Talent Scholarship (DTS) Batch 2. Dihelat pada Selasa (15/10), pembukaan Digital Talent Scholarship (DTS) Vocational School Graduate Academy (VSGA) ini bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS.

Dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang serentak diikuti oleh seluruh peserta serta doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Imamul Arifin. Sambutan pun turut disampaikan Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Informasi yakni Edi Satriyanto, S.Si., M.Si.. Pada DTS Batch 2 kali ini, terdiri dari 100 peserta yang nantinya akan dibagi ke dalam tiga macam skema yakni Junior Graphic Designer, Junior Mobile Programmer, serta Junior Network Administrator.

Kegiatan ini akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan (15/10-14/11), dengan bimbingan oleh beberapa Dosen PENS yang memiliki keahlian tersendiri dalam tiga skema tersebut. Seusai seluruh rangkaian kegiatan pelatihan, pelaksanaan uji kompetensi yang diadakan oleh LSP menjadi tolok ukur kemampuan peserta terkait materi pembelajaran yang diberikan. “ Pada (13-14/11) akan ada pelaksanaan uji kompetensi dari LSP independen terhadap PENS yakni LSPP level 3 yang mana akan menguji kemampuan peserta. Jika peserta itu tidak kompeten maka kemungkinan ia tidak akan lulus,” ungkap Aries Pratiarso, selaku koordinator DTS VSGA PENS.

Setelah terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan peserta dapat dibekali ilmu terhadap materi-materi yang disampaikan agar mampu bersaing maupun mendirikan start up kedepannya. “Harapannya peserta memiliki bekal ilmu yang jelas serta dapat mendirikan bisnis sendiri seperti yang berhubungan dengan tiga skema tersebut. Jika tidak memungkinkan, setidaknya mereka dapat membuat tim dari masing-masing skema tersebut untuk bekerja sama,” imbuhnya. (kik/msa)