Mojokerto, pens.ac.id – Sebagai bentuk nyata kontribusi kepada masyarakat dalam bidang teknologi, Program Studi (Prodi) Teknik Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menggelar sosialisasi yang bertajuk “Service Learning in Computer Engineering (SLiCE)”. Berlangsung selama satu pekan (5-12/10), kegiatan ini beragendakan pelatihan untuk siswa SMKN 1 Pungging Mojokerto, finding local issue terhadap masyarakat daerah sekitar, serta pembuatan alat yang kemudian diinstalasikan secara langsung.

Dibuka dengan sambutan dari Riyanto Sigit, ST, M.Kom, Ph.D selaku Kepala Prodi (Kaprodi) Teknik Komputer PENS, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan Prodi Teknik Komputer kepada 20 perwakilan siswa SMKN 1 Pungging Mojokerto jurusan Teknik Komputer Jaringan. Pemateri kegiatan turut memaparkan materi mengenai Arduino, Wiring, dan Demo kepada para peserta. Selain itu, terdapat pula kuis dimana dipilih 5 siswa yang ikut serta dalam instalasi alat dan finding local issue.

Memilih Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di daerah sekitar SMKN 1 Pungging sebagai target finding local issue, panitia mulai membuat alat berupa modul P10 untuk menyelesaikan permasalahan yang diangkat. “Disekitar SMKN 1 Pungging terdapat sebuah TPQ dimana dalam pembelajaran huruf hijaiyah masih manual. Dari situ muncul sebuah ide untuk membuatkan alat berupa modul P10 yang dikombinasikan dengan Radio Frequency Identification (RFID) yang nantinya jika ada kartu yang ditempelkan pada alat tersebut, maka huruf hijaiyah pada running led itu akan muncul,” ungkap pemateri kegiatan yaitu Intan Nur Kurmala Dewi.

Proses pembuatan alat yang memakan waktu selama lima hari dengan pengerjaan yang dilakukan di kampus PENS, di hari terakhir kegiatan alat tersebut pun siap digunakan sehingga bisa dimulai instalasi untuk mempermudah kegiatan pembelajaran. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, mereka bisa lebih berproses serta ilmu dari kami bisa tersalurkan dan memberikan dampak positif agar masyarakat merasa senang dengan kedatangan kami disana,” tutur salah satu Dosen Teknik Komputer PENS, Dewi Mutiara Sari, S.ST., M.Sc. (kik/biy)

wpChatIcon
EnglishIndonesian