Yogyakarta, pens.ac.id – Perkembangan industri kreatif kini semakin pesat, Gameloft Indonesia yang merupakan salah satu pelopor game yang banyak digemari kalangan remaja kembali mengadakan kegiatan open house serta beberapa macam kompetisi. Dihelat di dua kota berbeda yaitu Yogyakarta dan Surabaya, kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Bertempat di JO2 Studio, Yogyakarta pada Rabu (2/10), Gubu Team yang berasal dari tiga mahasiswa Program Studi Teknologi Game PENS berhasil keluar sebagai Juara Pertama dalam kategori Student Competition: Programming.
Beranggotakan Muhammad Rizal Fauzi, Rahmat Ansori, dan Dhani Yanuar Erdiansyah, Gubu Team melalui serangkaian tahap seleksi mulai dari webinar 1 hingga 4 sampai tahap pengumpulan project. Webinar sendiri merupakan materi yang disampaikan oleh Gameloft secara online, melalui streaming youtube pada jadwal yang telah ditentukan. Pada tahap pengumpulan project, para peserta mempresentasikan project yang telah dibuat dengan beberapa aspek penilaian yaitu latar belakang penelitian, demo live coding, serta sesi tanya jawab.

Dengan judul project “Efektivitas gRPC dalam Penggunaan Back End Service”, Gubu Team berhasil dinobatkan sebagai Juara Pertama dengan topik Game Server Architecture. “Pada era ini, game yang menggunakan berbagai perangkat berbeda sedang berkembang dan menjadi populer, seperti Dota Underlord dari Studio Valve. Para pemainnya dapat bermain bersama dengan perangkat PC dan smartphone, oleh karena itu kami mengangkat judul tersebut sebagai project kami,” ungkap Ketua Gubu Team, Dhani Yanuar Erdiansyah.

Berbagai kesan yang dirasakan peserta, ditutup dengan closing ceremony yang berlangsung dengan meriah. “Intinya sangat berkesan, mulai dari tantangan yang dihadapi selama kurang lebih 3 bulan ini, bisa dapat teman baru juga dari kampus lain dan orang internal Gameloft itu sendiri. Mungkin sekarang berakhir bahagia, tapi proses tidak akan pernah berhenti,” imbuhnya. Kedepannya, diharapkan dapat memacu semangat para mahasiswa PENS untuk terus berkarya di berbagai bidang industri. (kik/biy)