Surabaya, pens.ac.id – Perhelatan event  Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 usai digelar. Kali ini PENS kembali kirimkan delegasi terbaiknya dan berhasil sabet 2 penghargaan  yakni Persiapan Terbaik dalam kategori Fix Wing oleh tim EEPIS Spy Aeroplane Robot (ESPYRO) dan Juara 2 oleh tim EEPIS Flying Robot for Indonesia (EFRISA) dalam kategori Technology Development, Divisi Flight Controller. 

Dalam ajang bergengsi yang berlangsung di Lapangan Udara TNI AL Grati Pasuruan selama 5 hari (1-5/10), PENS telah mengirimkan 4 tim dengan kategori Racing Plane (RP) yang diwakili tim EARO (EEPIS Aeromodelling Robot), divisi Fixed Wing (FW) diwakili oleh ESPYRO (EEPIS Spy Aeroplane Robot), divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL) diwakili oleh EMIRO (EEPIS Multirotor Research Team) 6.0, serta divisi Technology Development (TD) yang diwakili oleh Tim EFRISA (EEPIS Flying Robot for Indonesia).

“Alhamdulillah pada kompetisi ini persiapannya sudah bisa dibilang matang. Terimakasih atas berbagai apresiasi dan dukungan telah diberikan kepada Tim Dirgantara sehingga kami dapat menunjukkan performa yang maksimal selama perlombaan. Segala upaya dan perjuangan yang telah dilakukan oleh semua tim,” ujar salah satu anggota tim, Muhammad Idhandi Kurnia.

Kemenangan yang diraih oleh Tim Dirgantara tidak lepas dari bimbingan dari Dosen Pembimbing Mohammad Mobed Bechtiar ST, MT serta Setyo Nugroho ST,MT. Dengan persiapan kurang lebih selama 8 bulan, Abdul Aziz Rifadi (Mekatronika), Nanda Putri (Elektronika), Mahaputra Ilham (Teknik Komputer), Yasril Baharudin (SPE), Julian Idya (Elektronika), dan Az Zahra (Mekatronika) menyatakan bersyukur telah meraih penghargaan persiapan terbaik dalam kategori Fix Wing.

Sedangkan, Juara 2 Kategori Technology Development Divisi Flight Controller diraih oleh Tim Dirgantara dengan anggotanya Rizki Zullfahmi (Teknik Komputer), Fahmi Mashuri (Teknik Elektronika), Syafira Salsabila (Teknik Mekatronika), dan Hafizh Irfansyah (Teknik Komputer).

Tuan rumah KRTI 2019 yakni Univeristas Negeri Surabaya (UNESA) dengan peserta yang hadir dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. ” Kesan perlombaan KRTI 2019 ini sangat luar biasa, meskipun belum sesuai target kami berharap tahun depan bisa terus meningkatkan performa dan bisa membawa juara 1 untuk tim EFRISA maupun tim-tim lain delegasi PENS,” ujar Rizky Zull Fhamy, ketua tim EFRISA.

(ENT/Hum)