Sidoarjo, pens.ac.id – Sebagai upaya untuk memperluas kerjasama dengan sektor industri, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) resmikan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Insera Sena. Penandatanganan MoU ini dilaksanakan pada Rabu (2/10) dan bertempat di PT. Insera Sena, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief S.T., M.T. bersama beberapa jajaran pimpinan PENS.

Insera Sena merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri beragam jenis sepeda dengan pasar domestik dan internasional. Adapun nota kesepahaman yang diresmikan kedua pihak ialah mengenai Pengembangan dan Pemberdayaan SDM. Tujuan dari MoU ini tentunya adalah untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak utamanya guna meningkatkan kualitas SDM.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur PENS dan Seodjanto Widjaja selaku Managing Director PT. Insera Sena. Dalam agenda ini turut dibicarakan beberapa bentuk kerjasama.  “Jadi di MoU ini ada beberapa bentuk kerjasama yang dibicarakan. Salah satunya adalah kolaborasi penelitian yang akan dilakukan lebih ke arah teknologi baru, yaitu sepeda listrik,” ucap Dr. Zainal.

Selain kolaborasi riset, kerjasama ini juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan internship atau Kerja Praktik di PT. Insera Sena. Menindaklanjuti MoU ini, selanjutnya akan dilakukan perjanjian kerjasama antara dua belah pihak. “Selanjutnya akan ada perjanjian kerjasama. Dari perusahaan juga sudah mengirimkan sepeda yang akan kita oprek dan kita kembangkan,” tuturnya.

Kerjasama ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PT. Insera Sena dan PENS di berbagai bidang yang telah disepakati. Kolaborasi riset yang akan dilakukan juga diharapkan dapat berjalan dengan baik dan produktif hingga nantinya dapat menghasilkan teknologi baru yang diharapkan. “Saya harap kerjasama ini dapat berlanjut kedepannya dengan cakupan yang lebih luas di beberapa bidang lain dan juga riset kita bisa terus dikembangkan untuk peningkatan teknologi di produk sepeda,” imbuh Dr. Zainal. (res)