Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka mengenalkan sistem komunikasi jarak jauh berbasis wireless untuk Internet of things, Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi (Hima Telkom) telah usai menghelat Pelatihan Long Range (LoRa) Communication pada Minggu (29/9). Dihadiri oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), kegiatan bertempat di Ruang A301 Gedung D4 PENS. 

Dimulai pada pukul 09.00 WIB, kegiatan dibuka dengan sambutan dari ketua pelaksana yaitu Muhammad Hanafi. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan tentang apa itu LoRa dan bagaimana cara kerjanya. Pada kesempatan tersebut, turut menghadirkan dua pemateri yang berasal dari mahasiswa Teknik Telekomunikasi yakni M. Fathur Rohman dan Fahmi Nurdin H. N. yang membimbing peserta mengenai tata cara penggunaan LoRa. “Jadi LoRa itu merupakan teknologi untuk mengirimkan data jarak jauh dengan penggunaan daya yang lebih rendah,” ungkap Fahmi Nurdin H. N.

Berbagai materi yang disampaikan sukses menambah pengetahuan peserta, meliputi cara pengaplikasian LoRa dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana mengolah data agar dapat berkomunikasi di jarak jauh dan berdaya rendah . “Dari pelatihan ini saya mendapat berbagai informasi mengenai bagaimana cara melakukan konfigurasi pada LoRa, mengolah koneksi antara hasil yang kita dapat dalam sebuah mentoring yang akan dikirimkan, serta mengolah kiriman tersebut dalam tampilan website,” tutur salah satu peserta, Muhammad Dwi Hariyanto.

Antusiasme peserta terlihat dari dipadatinya tempat kegiatan pelatihan kali ini. Dengan berakhirnya kegiatan tersebut, diharapkan dapat memperluas wawasan peserta mengenai penggunaan LoRa serta dapat mengimplementasikan materi yang telah diberikan. “Semoga dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat menimba ilmu pengetahuan yang sebanyak-banyaknya mengenai topik yang kami bahas, serta bisa mengaplikasikannya seperti dalam pembuatan TA misalnya,” ungkap Muhammad Hanafi. (kik/biy)

wpChatIcon
EnglishIndonesian