Surabaya, pens.ac.id – Selasa (24/9), Program Studi (Prodi)Teknik Elektro Industri Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah  usai mengadakan Kuliah Tamu yang bertajuk “Research Life Development for Innovation and Excellence Experience” di Ruang Teater Gedung D3 PENS. Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini, dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Elektro Industri. Kuliah Tamu kali ini menghadirkan pembicara yang berasal dari Kumamoto University, Jepang yaitu Prof. Dr. Takashi Hiyama.

Menurut Dosen Teknik Elektro Industri, Dr. Ir. Anang Tjahjono, M.T. kegiatan ini ditujukan untuk memotivasi civitas akademika untuk selalu melakukan riset, mengembangkan, serta mengimplementasikannya baik di industri ataupun masyarakat. Melalui pengalaman yang dimiliki pembicara, dimaksudkan agar mahasiswa dapat memahami pentingnya memiliki wawasan untuk selalu mencari tahu mengenai teknologi baru atau yang sedang dikembangkan.

Sebagai seorang dosen di bidang power system, salah satu riset yang pernah dilakukan oleh Prof. Dr. Takashi adalah mengenai stabilisator pada power system. Penjelasan riset ini bertujuan agar  mahasiswa selalu menggali bidang yang ditekuni lebih dalam lagi  teknologi guna memajukan teknologi yang terus berkembang. “Jangan takut mencoba, karena keberuntungan mungkin akan datang. Namun, keberuntungan tak akan datang tanpa usaha dan persiapan,” ungkapnya. Prof. Dr. Takashi juga berharap generasi muda menjadi pribadi yang pantang menyerah, selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan suatu ide.

Kuliah tamu ini juga merupakan salah satu gerbang yang menghubungkan kerjasama antara PENS dan organisasi milik Prof. Dr. Takashi Hiyama. “Setelah kuliah tamu tadi, kami telah mengadakan rapat mengenai MoU, student exchange, internship student, laboratory research, dan masih banyak lagi kerjasama yang akan dilakukan,” ujar Dr. Ir. Anang Tjahjono.  Harapannya, adanya Kuliah Tamu ini dapat membawa dampak baik bagi mahasiswa PENS  serta menambah wawasan mahasiswa khususnya di bidang power system(zah/dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian