Surabaya, pens.ac.id – Pada era digital ini, perkembangan teknologi berlangsung dengan cepat. Perlunya pembekalan dasar pada generasi muda khususnya para mahasiswa mengenai database¸ menjadi salah satu alasan Himpunan Mahasiswa of Computer Engineering (HMCE) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengadakan Workshop Android. Bertajuk Connect Your Mobile App with Firebase”, kegiatan yang dibuka untuk umum ini diselenggarakan pada Sabtu (21/9) di Gedung Teater D3 PENS.

Workshop Android ini bertujuan untuk mengenalkan sebuah database yang memiliki akses data lebih cepat dan tanpa batasan sehingga kita dapat mengaksesnya dimanapun. Tidak hanya diikuti oleh kalangan mahasiswa, kegiatan ini turut dihadiri oleh siswa SMK. “Tadi saya lihat ada siswa SMK yang datang ke acara kami, jadi sangat saya apresiasi karena nantinya juga generasi muda yang akan membawa bangsanya kemana. Jika SDM-nya bagus, maka bangsa ini bisa lebih bagus juga,” ujar Erwin Setiyawan, selaku Sekretaris Jendral HMCE.

Para peserta dibekali dengan sebuah pelatihan sesuai dengan tema yang diusung. Usai mendapat pelatihan, mereka diharapkan dapat menghubungkan mobile application dengan database jenis firebase ini. “Firebase ini sebenernya masih baru dan booming, perlu adanya pembekalan untuk masyarakat umum. Jadi kami mengadakan sebuah workshop ini guna memberikan sebuah pemahaman mengenai firebase itu sendiri,” ungkap Ketua Pelaksana Workshop Android, Lusiana Dianingrum.

Diharapkan dari adanya workshop ini peserta dapat memaksimalkan pembekalan mereka mengenai penggunaan firebase, sehingga penyimpanan database dapat lebih mudah untuk diakses. “Kita bisa mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu ini menjadi apa yang dibutuhkan oleh bangsa kita. Percuma jika hanya menjadi mahasiswa dengan segudang ilmu tapi tidak dapat mengimplementasikannya bagi bangsa itu sendiri,” imbuh Erwin. (kik/res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian