Surabaya, pens.ac.id – Guna memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai industri game, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bersama Gameloft Indonesia, telah usai mengadakan acara bertajuk “Gameloft Day” pada Jum’at (20/9). Merupakan acara tahunan Gameloft, acara ini dihadiri oleh para pelajar maupun mahasiswa dari berbagai daerah. Acara tersebut bertempat di Ruang Auditorium lantai 6 dan Laboratorium Motion Capture lantai 10 Gedung Pascasarjana  PENS. 

Pada Gameloft day ini peserta dapat menggali informasi mengenai kehidupan karyawan Gameloft, kemudian beberapa pekerjaan yang dilakukan, hingga manfaat menjadi seorang karyawan di perusahaan game.  “Pada tahun ini, kita fokusnya lebih ke programming dan graphic artist. Sehingga, salah satu kegiatan penting yang diadakan adalah adanya programming test yang fokusnya pada logical test,” ungkap Afiria Agustirani selaku Communication Specialist Gameloft Indonesia.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, dalam serangkaian acara ini terdapat pula seminar. Pada seminar pertama, adapun pemaparan mengenai persyaratan, kemudian peluang bekerja dibidang game, hingga berbagai tugas seorang karyawan di industri game.“ Adanya acara ini tentunya bertujuan untuk memperluas jangkauan industri game terhadap pelajar dan mahasiswa, agar mengetahui bahwa industri game merupakan salah satu bidang yang memiliki peluang bisnis yang cukup besar, dengan lingkup pekerjaan yang luas pula. Dimulai dari produser, desainer, graphic artist, programmer, hingga human resources,” imbuh Afiria Agustirani.

Selain itu, pada seminar kedua para peserta dijelaskan seputar hal yang harus dipersiapkan dengan semaksimal mungkin. Para peserta pun tampak antusias mengikuti jalannya acara. Pada momen ini terdapat pula workshop yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta. Tidak hanya itu, para peserta turut disuguhkan dengan berbagai booth dari pihak Gameloft yang memberikan beragam informasi mengenai industri game. Peserta yang mendatangi booth tersebut juga diajak untuk mencoba memainkan game yang telah disediakan.

Acara ini pun memberikan kesan positif bagi para peserta yang hadir. “Disini saya bisa mendapat experience, ilmu, dan referensi baru. Ditambah lagi, acaranya juga seru. Harapan saya semoga acara ini akan terus diselenggarakan kembali ditahun yang akan datang,” jawab Hani Saputra, sebagai peserta dari SMK.  Diharapkan, kedepannya PENS dan Gameloft dapat melakukan kerjasama dengan berbagai kegiatan lainnya. (zah/umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian