Jakarta, pens.ac.id – Muhamat Zaenal Mahmut, Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dari Program Studi dari D3 Teknik Informatika lolos mengikuti Program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia. Pelatihan diikuti oleh 100 startup dari seluruh Indonesia, berlangsung 4 hari mulai 16-19 September 2019 di Hotel Js Luwansa Jakarta Selatan. Program tersebut diadakan untuk mencari startup-startup baru guna membangun ekosistem startup di Indonesia di kalangan mahasiswa.

Program Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia diadakan oleh Ditjen Belmawa Ristekdikti. Dengan diikutinya kegiatan ini, mahasiswa bisa memperkenalkan startup-nya. Selain itu mereka juga mendapatkan pengetahuan yang bisa diterapkan untuk mengembangkan startup. Dengan diadakannya kegiatan ini, para peserta bisa saling berkolaborasi untuk membangun ekosistem startup di Indonesia. Dan juga mereka mempunyai kesempatan untuk mentoring dengan startup founder di Indonesia serta kesempatan mempresentasikan startup di depan calon investor.

Dari PENS, Muhamat Zaenal Mahmut memperkenalkan produknya bernama Tentor.id. Tentor.id adalah sebuah platform aplikasi mobile yang dapat menghubungkan mereka yang ingin mengajar dengan mereka yang ingin belajar. Saat ini, tentor.id memiliki lebih dari 100 mitra yang terhubung dalam suatu komunitas dari kalangan mahasiswa yang tersebar di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

“ Persiapan yang saya lakukan adalah membuat pitch deck untuk pitching dihadapan investor dan menyelesaikan aplikasi untuk validasi kesiapan startup. Selama tiga hari para peserta diberikan materi dan mentoring dari founder startup-startup besar di Indonesia, seperti Gojek, Angin, Tanihub, iGrow dan masih banyak lagi. Selain itu, para peserta juga diajarkan membuat brand yang baik, marketing, finance, legal, pitching, startup angel invesment, market validation, dan people management. Dari 100 peserta tersebut diambil 30 peserta yang kesiapan startupnya lebih matang untuk diikutkan kunjungan ke kantor Tanihub,” ujar Muhamat Zaenal Mahmut.

Latar belakang dibuatnya Tentor.id karena ingin mengatasi permasalahan sektor Pendidikan di Indonesia.  Dan dengan diadakan kegiatan ini merupakan sebuah kesempatan untuk memperkenalkan Tentor.id. Selain itujuga bisa saling sharing dengan startup founder dari seluruh Indonesia.

“ Semoga kedepannya, tidak hanya satu yang lolos seleksi, namun lebih banyak lagi startup baru dari PENS yang dapat mengikuti pembinaan seperti ini dan tentunya mendapatkan investor untuk pengembangan startupnya, “ imbuh Muhamat Zaenal Mahmut.

(Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian