Surabaya, pens.ac.id – Di era yang semakin berkembang ini, olahraga elektronik atau yang biasa dikenal dengan istilah e-sport semakin digemari. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai perguruan tinggi dengan Program Studi (Prodi) Teknologi Game, telah usai menyelenggarakan kompetisi Indonesia Virtual Pro League (IVPL) Rise. Dilaksanakan pada Sabtu (14/9) di Ruang Auditorium Lt.6 Gedung Pascasarjana, kompetisi diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa hingga masyarakat umum.

Kompetisi ini digagas oleh Komunitas E-Sport PENS dibawah naungan Prodi Teknologi Game dengan bekerjasama Komunitas Esport Indonesia, IVPL Esports. Terdapat tiga cabang perlombaan yakni PUBG, AOV, dan FIFA 19. “Buat yg suka main game, kami wadahi dengan adanya turnamen ini,” ucap Zulhaydar Akbar  S.ST., M.Sc., salah satu dosen Prodi Teknologi Game. Dimulai pada pukul 11:00 WIB, para peserta langsung disibukkan dengan kompetisi ini. Sesi penutupan  dan awarding dilakukan pada pukul 22:00 WIB.

Pelaksanaan IVPL Rise di Surabaya sendiri merupakan penyelenggaraan seri terakhir tahun ini. Sebelumnya IVPL Rise juga telah usai dilaksanakan di Bandung, Depok, Jakarta. Pada tiap seri akan diambil dua pemenang untuk tiap kategori guna selanjutnya dikirim ke babak grand final  di Jakarta.

Diharapkan, kompetisi ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa PENS maupun masyarakat umum yang gemar bermain game. “Kedepannya kami berharap untuk merubah stigma game menjadi lebih baik karena masih banyak yang belum tahu manfaat atau keuntungan dari sebuah game,” ujar Penanggung Jawab kegiatan, Raka Arya Pratama. (res)