Riau, pens.ac.id – Sebagai wadah bagi mahasiswa untuk berkarya dalam pengembangan teknologi, Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) ke-2 kembali digelar. Berlangsung selama dua hari (11-12/9) di Politeknik Caltex Riau, tema yang diusung tahun ini yaitu “IT for Smart Society”. Membuka delapan cabang perlombaan, kegiatan diikuti oleh 121 tim dari 21 politeknik yang berhasil lolos hingga babak grand final. Dalam ajang ini, kontingen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali berhasil mengukir prestasi dengan keluar sebagai Juara Umum.

Usai registrasi, para peserta diwajibkan untuk mengikuti Technical Meeting sebelum berlomba keesokan harinya. Serangkaian kegiatan dimulai dari presentasi produk oleh masing-masing tim sesuai dengan jadwal, Pameran Teknologi,  Seminar Teknologi 1,2, dan Workshop/Seminar Teknologi 3 turut memeriahkan KMIPN kali ini. Merupakan kali kedua pelaksanaannya, antusiasme peserta terlihat dari banyaknya peserta mendaftar dan lolos hingga tahap grand final.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BAKORMA) Politeknik. Berbekal persiapan sejak bulan Mei lalu, PENS mengirimkan delapan tim dari empat kategori lomba. Dalam momen tersebut, PENS berhasil meraih Juara 1 pada kategori Internet of Things dari Tim Klik Ternak, Juara 1 pada kategori Hackathon dari Tim Change Maker, serta Tim Plassa dari kategori Perencanaan Bisnis Bidang TIK yang berhasil raih Juara 2.

Dengan perolehan tersebut, PENS berhasil bawa pulang dua Medali Emas dan satu Medali Perak. “Bangga banget sih bisa bawa pulang kembali juara umum, dan mendapatkan medali emas di kategori Hackathon dan nggak nyangka kalau skor dengan juara dua terpaut jauh,” ungkap salah satu anggota Tim Change Maker, Muhammad Alan Nur. Dengan perolehan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dari alat yang dibuat serta menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berkembang dan berkarya. (biy/dya)