Surabaya, pens.ac.id – Gelar juara umum masih dipertahankan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dalam ajang Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2019. Kompetisi digelar di Politeknik Caltex Riau, 11 – 12 September dikuti oleh Politeknik Negeri se-Indonesia.

Dalam kompetisi ini, PENS berhasil meraih 3 juara sekaligus yaitu Juara 1 bidang IoT (Internet of Things), Juara 1 bidang Hackaton, dan Juara 2 bidang Bisnis Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). karena prestasi tersebut, Tim PENS pulang membawa 2 medali emas dan 1 medali perak, sehingga PENS bisa meraih juara umum.

Tim delegasi PENS, berangkat dengan didampingi oleh Jauhari Akhmad Nur Hasim, S.ST, M.T. selaku Dosen Pembimbing. “PENS ikut 4 kategori dari 8 kategori yang ada. Tim yang berangkat sudah mengikuti seleksi internal sejak bulan Mei lalu. Berbagai persiapan dilakukan suapaya tim bisa memenangkan kompetisi ini, mulai dari latihan presentasi sampai pengembangan aplikasi,” ujarnya.

Kemenangan yang diraih tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk dari Wakil Direktur PENS Bidang Kemahasiswaan, Ir. Anang Budikarso, M.T. Kemenristekdikti sangat mendukung ajang KMIPN karena kompetisi ini berbasis produk, yang sesuai dengan program kementerian dalam pengembangan kualitas pendidikan vokasi.

“Tahun selanjutnya harus kembali dilaksanakan karena pada tahun ini komunitas sudah terbentuk. Apalagi bidang informatika merupakan salah satu bidang yang juga gencar dikembangkan dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” pungkasnya. Harapannya semoga tahun depan PENS bisa menambah medali di kategori lain dan mempertahankan juara umum. Dan untuk para mahasiswa yang mengikuti lomba tahun depan lebih mempersiapkan diri kembali terutama dalam presentasi dan penjelasan tentang produk.

(Hum)