Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan Wisuda ke-13 pada Sabtu (7/9). Bertempat di Graha Sepuluh Nopember, kegiatan ini meluluskan sebanyak 892 mahasiswa dari berbagai jenjang. Diikuti oleh civitas akademika PENS beserta seluruh orang tua masing-masing wisudawan, momen sakral tersebut berlangsung dengan khidmat. Kegiatan ini merupakan ajang penghargaan atas keberhasilan para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya. Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan diawali dengan simbolik dimana para senat memasuki ruangan wisuda.

Dibuka secara resmi dengan sambutan dari Ketua Senat yaitu Dr. Tri Budi Santoso ST., MT, selanjutnya pembacaan surat keputusan Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief ST., MT yang berisikan mengenai jumlah wisudawan yang terdiri dari 27 wisudawan dari jenjang Magister Terapan, 350 wisudawan jenjang Sarjana Terapan, sementara dari jenjang Diploma III sebanyak 326 wisudawan dan Diploma II sejumlah 189 wisudawan yang berasal dari Akademi Komunitas Negeri Lamongan (AKANELA) serta Akademi Komunitas Negeri Sumenep (AKNS).

Tidak hanya jumlah lulusan yang meningkat, wisudawan yang meraih predikat cumlaude pun mengalami peningkatan dengan jumlah total sebanyak 204 wisudawan. “Dengan peningkatan ini tentunya sangat membanggakan, karena membuktikan bahwa mahasiswa disini betul-betul berprestasi dan sungguh-sungguh dalam proses pembelajarannya,” ujar Pindharwati Bandiannaningsih, SE, selaku Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan. Tidak hanya itu, penampilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) dan UKM Tari turut memeriahkan momen wisuda kali ini.

Prosesi wisuda terus berlanjut hingga pemanggilan seluruh mahasiswa secara berurutan untuk menerima ijazah. Pada kesempatan sambutan yang diberikan, Direktur PENS juga mengungkapkan  terkait kebanggaannya kepada para wisudawan karena telah memberikan kontribusi terbaik ketika berada di bangku perkuliahan. Berbagai kesan yang dirasakan wisudawan ditutup dengan sesi doa dan foto bersama. “Sebenarnya senang sekali ya, karena itu merupakan hasil yang didapat setelah berkelana selama empat tahun di PENS, alhamdulillah bisa menghasilkan predikat cumlaude di kelulusannya,” tutur salah satu wisudawan, Dima Maharika Dinama. (biy/msa)