Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) 1441 Hijriyah, Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan Kompetisi Muslim Muslimah Berprestasi (MMB) dan Hijab Fashion. Bertempat di Musholla An-Nahl PENS, kegiatan ini diikuti oleh para finalis yang telah lolos seleksi pada tahap sebelumnya. Tidak hanya datang dari mahasiswa PENS, para finalis tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Universitas Darussalam Gontor, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh M. Rijal Al-Fariz selaku Ketua Pelaksana, Adhitya Yuda Pratama selaku Ketua UKKI PENS, dan Pembina UKKI yakni Didik Setyo Purnomo, S.T., M.Eng. Kemudian acara dilanjutkan dengan Kompetisi Muslim Muslimah Berprestasi dengan juri Ustaz Imamul Arifin dan Ustazah Radina. Adapun kriteria penilaian dari kompetisi ini meliputi Wawasan Islam, Public Speaking, dan Tilawah Al-Quran. Sementara kriteria penilaian untuk kompetisi Hijab Fashion yang dinilai oleh Ustadzah Devin tersebut diantaranya Kreatifitas, Fungsional serta Estetika model hijab yang digunakan.

Masih dalam serangkaian acara PHBI, UKKI PENS yang rutin menggelar kegiatan serupa tiap tahunnya kali ini juga menghelat Seminar Rangkap Kajian (Semangka). Mendatangkan Ustaz Adri Suyanto, tema Semangka kali ini yakni Making Negotiations and Resolution for Better New Year to Myself. Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kajian karena pembawaan Ustaz Adri yang santai dan lucu dalam membawakan materinya.

Kegiatan PHBI tahun ditutup dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba MMB dan Hijab Fashion. “Semoga kedepannya peringatan ini bisa mengingatkan kita akan tahun baru islam dan bisa membuat kita teringat akan kisah perjuangan dakwah Rasulullah Muhammad SAW,” ujar Fariz. Ia juga menambahkan jika merayakan PHBI seperti ini merupakan salah satu bentuk untuk memperbanyak amal atau zikir, atau bahkan sekedar mengingatkan kembali akan PHBI kepada masyarakat sekitar Kampus PENS. (dya)