Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil menjadi satu-satunya Politeknik yang masuk 10 besar dalam ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS ) ke 32. Pada ajang ini PENS berhasil membawa medali emas untuk kategori presentasi dan medali perak untuk kategori poster. Ajang bergengsi ini dihelat di Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Bali.

Tim peraih medali emas dan perak yakni Tim Fork-IIGV. Tim ini Beranggotakan lima mahasiswa yakni Cahyo Sugianto, Restry Ridha Hastari, Muhammad Syaifullah Rizal, Hana Salsabila, dan Muhammad Iodine Hanifan Firdaus. Fork-IIAGV masuk dalam kategori bidang Program Kreatifitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKM – T). Guna membantu permasalahan mitra produktif dengan menggunakan teknologi yang dibangun oleh mahasiswa merupakan tujuan PKM pada bidang ini.

Fork-IIAGV adalah sebuah robot pemindah barang tanpa awak yang diaplikasikan di lingkungan industri manufaktur atau industri pergudangan. Fungsi robot ini yakni melakukan pekerjaan material handling. Secara spesifik robot ini bisa menarik sebuah troli yang berisi material yang akan dimobilisasi dengan kapasitas beban mencapai 1000 kg. “Syukur alhamdulillah, saya merasa senang dengan pencapaian ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses ini hingga akhir. Harapannya dengan berakhirnya kegiatan PIMNAS 32 ini, para mahasiswa PENS tetap semangat dan terus berkarya kedepannya,” ujar Cahyo Sugianto, Ketua tim IIAGV.

(Hum)

 

wpChatIcon
EnglishIndonesian