Bali, pens.ac.id – Merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32, Rabu (28/8) usai digelar Studium Generale yang mengundang seluruh perwakilan dari kontingen perguruan tingggi seluruh Indonesia. Mengangkat tema “Desa WIsata, Pengembangan BeKraf, dan Ekonomi kerakyatan di Bali”, kegiatan dihelat di Gedung Udayana International Convention Centre dengan pembicara I Made Teja selaku Dinas Lingkungan Hidup dan Made Badra selaku Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Badung.

Kedua pemateri ini menjelaskan mengenai perkembangan desa wisata dan industri kreatif yang merupakan sektor utama di provinsi Bali dimana kedua sektor ini saling mendukung dan berkaitan satu sama lain. “Kita utamakan untuk perkembangan desa-desa wisata yag mempunyai daya tarik tinggi, akan tetapi kita juga tidak meninggalkan desa-desa yang memiliki potensi lain meskipun butuh banyak pembenahan, ” ujar Made Badra selaku Dinas Pariwisata Kabupaten Badung. Beliau juga menuturkan bahwa saat ini support gagasan ide untuk masyarakat akan terus diupayakan.

Peluang terbesar saat ini berada ditangan para generasi muda, pengembangan destinasi wisata desa bisa dijadikan untuk ladang bisnis kedepannya. Dengan ini diharapkan banyak muncul hal-hal baru yang bisa meningkatkan destinasi wisata di area pedesaan. Manfaat sistem sharing yang dilakukan pada studium generale ini yakni untuk mengenalkan mahasiswa mengenai pariwisata, proses pengembangan, dan keterkaitannya dengan tingkat profesi maupun kehidupan masyarakat. “Penyampaian materi yang telah dilakukan ini tidak lain supaya bisa membangkitkan dan memperluas pemahaman mahasiswa, diharapkan para mahasiswa bisa mengembangkan dan memperluas seluruh sektor pariwisata yang ada menjadi lebih baik,” imbuhnya. (msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian