Bali, pens.ac.id – Perhelatan akbar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 resmi dibuka pada Selasa (27/8). Hal ini menjadi pertanda dimulainya pertandingan antar delegasi perguruan tinggi yang hadir. Kali ini PENS berhasil mengirimkan sebanyak 15 tim terbaiknya untuk turut bersaing bersama tim lainnya. Dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), kegiatan dihelat di Area Pedestal Garuda Wisnu Kencana(GWK) Cultural Park, Bali.

Lagu Indonesia Raya menjadi pemersatu semangat para peserta dalam opening ceremony ini. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Rektor Universitas Udayana yakni A.A Raka Sudewi dan I Wayan Koster selaku Gubernur Propinsi Bali. Penyerahan piala bergilir dari Universitas Gajah Mada kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) menjadi awal pertanda persaingan perebutan juara dimulai. Sorak-sorai peserta yang hadir menggema di Area Pedestal Garuda Wisnu Kencana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan PIMNAS kali ini, setiap perwakilan kontingen mengirimkan defile dengan mengenakan baju adat kebanggan masing-masing. Tema PIMNAS ke-32, yakni “Mewujudkan Mahasiswa Indonesia Yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Dan Mandiri Berlandaskan Budaya Nasional Dalam Bingkai Kebhinekaan”. Tema ini berkaitan dengan tema HUT ke-74 RI yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju.

Peserta PIMNAS ke-32 berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kemenristekdikti, terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta. Sehingga terhitung sebanyak 460 tim yang akan bertanding dalam kompetisi bergengsi ini. Ditutup dengan pembacaan ikrar oleh ketua Badan Eksekutif Mahsiswa (BEM) Universitas Udayana, diharapkan dengan diselenggarakannya PIMNAS ini mampu membentuk generasi muda yang kreatif, inovatif, berkarakter, serta sebagai bentuk penanaman jiwa nasionalisme para generasi muda. (msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian