Surabaya, pens.ac.id – Merupakan bentuk pembekalan kepada mahasiswa baru, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menggelar kegiatan Latian Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra-Tingkat Dasar (LKMM Pra-TD) terhitung sejak Senin(12/8-1/9). Bertempat di Kampus PENS, tema yang diusung yakni Pelopor Mahasiswa yang Adaptif dan Berpandangan Kedepan (Pewayangan) yang mana diharapkan dapat menumbuhkan jiwa adaptif dan visioner kepada mahasiswa. Diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PENS 2019, pada pelatihan ini terbagi menjadi lima gelombang.

Gelombang pertama terdapat Departemen Mekanika dan Energi (DTME), kemudian Departemen Elektro berada di gelombang dua dan tiga, dan Departemen Teknik Informatika dan Komputer (DTIK) menempati gelombang keempat. Selanjutnya pada gelombang kelima yang dihelat pada (31/8-1/9), terdiri dari mahasiswa cadangan serta mahasiswa program ikatan dinas PLN. Pelaksanaan LKMM Pra-TD ini pun juga bertujuan untuk membekali para mahasiswa baru agar dapat memanajemen dirinya saat masa perkuliahan.

Terdapat materi yang diberikan dalam kegiatan ini. Mulai dari pendalaman materi persepsi, berbicara aktif, mendengar aktif, kesalahan berpikir, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat pula materi tambahan yakni leadership dan juga public speaking. Pada momen tersebut, para pemandu turut menjelaskan materi secara interaktif dan juga menarik. “Banyak materi yang kami dapatkan di LKMM Pra TD ini. Namun yang paling berkesan adalah ketika kita membuat suatu forum. Para pemandu juga  mengemas acara ini dengan asyik sehingga menjadi mudah bagi kami untuk memahami materi,” ujar I Gede Raka Sadiantara, mahasiswa baru D3 Teknik Informatika.

Tidak hanya itu, adapun berbagai games serta simulasi materi yang dilakukan dengan cara berkelompok. Suasana tampak semakin meriah saat setiap kelompok berkesempatan untuk berkreasi menampilkan yel-yel. Tiba dipenghujung acara, terdapat awarding, dimana momen tersebut menjadi ajang penutup yang berkesan bagi para peserta maupun panitia. ” Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa baru dapat menjadi mahasiswa yang adaptif dan berpandangan kedepan. Selain itu mereka juga dapat mengimplementasikan materi yang telah didapat di masa perkuliahan,” ungkap Indah Tri Wulandari selaku penanggung jawab. (umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian