Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, Sabtu(17/8) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai melangsungkan Upacara yang bertempat di Lapangan Merah PENS. Diikuti oleh mahasiswa baru, dosen, serta karyawan PENS, kegiatan ini bertujuan sebagai wujud penghormatan civitas akademika PENS terhadap jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Negara Indonesia.

Mengusung tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”, dalam kesempatan kali ini Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief, S.T., M.T. yang berperan sebagai pembina upacara turut membacakan amanah Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) yakni Mohammad Nasir. Amanah tersebut memaparkan bahwa pembangunan Sumber Daya manusia (SDM) yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Karena adanya hal tersebut, dapat menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. “Oleh karena itu, disini politeknik bertangung jawab untuk memberikan layanan yang baik dan bermutu bagi masyarakat sehingga dapat menjadi rujukan perguruan tinggi lainnya,” ungkap Dr. Zainal.

Dalam upacara tersebut, turut diumumkan dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) berprestasi, serta pelepasan PLP purna tugas dari PENS. Kategori dosen berprestasi diraih oleh Amang Sudarsono, S.T., Ph.D dari Program Studi (Prodi) Teknik Telekomunikasi dan M. Udin Harus Al-Rasyid, S.Kom., Ph.D. dari Prodi D3 Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Teknik Informatika. PLP berprestasi diraih oleh Ashadi Kurniawan, S.ST dari Prodi Teknik Telekomunikasi dan Suprijanto, A.Md dari Prodi Teknik Elektronika. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian pin penghargaan tanda pelepasan purna tugas kepada Heru Iswanto, A.Md dari Prodi Teknik Telekomunikasi.

Para peserta khususnya mahasiswa baru angkatan 2019 tampak khidmat mengikuti jalannya Upacara, karena momen ini adalah pertama kalinya mereka mengikuti Upacara di Kampus PENS. Diharapkan dengan adanya peringatan HUT RI ke-74 ini, semakin menambah semangat juang mahasiswa PENS untuk terus berprestasi dan membela Negara Indonesia. “Harapan saya lulusan PENS dapat menjadi SDM yang ungul dan memiliki nilai daya juang yang tinggi dalam segala hal kebaikan”, imbuh Dr. Zainal. (dya)