Surabaya, pens.ac.id – Menjadi Politeknik yang terpilih untuk mengirimkan tim terbaik pada ajang Worldskill Competition 2019 di Kazan Rusia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tengah mempersiapkan berbagai hal untuk bersaing pada perlombaan tersebut. Rabu (14/8), tim Mobile Robotics PENS telah usai melaksanakan demo dihadapan direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief, ST., MT. Dimulai pada pukul 14.00 WIB, demo ini bertempat di laboratorium Intelligent Mechatronics Gedung Pascasarjana PENS.

Pada ajang ini, terbagi menjadi enam sektor. Dimana tim dari PENS yang terpilih mewakili Indonesia, akan bertanding pada sektor Manufacturing and Engineering Technology di divisi Mobile Robotics. Tim yang akan diberangkatkan kali ini terdiri dari dua anggota yakni Muhamad Rizqi Pratama dari jurusan D4 Teknik Elektronika tahun 2018 dan juga Wahyu Arga Pratama dari jurusan D4 Mekatronika. Mereka telah melakukan persiapan mulai dari bulan Februari, namun pengerjaan pembuatan robot dilakukan pada bulan Juni lalu. Dalam demo ini mereka pun menjelaskan cara kerja robot dan juga mempraktikkan langsung kerja robot tersebut.

Perlombaan akan berlangsung pada (22-27/8), sehingga latihan dan doa tidak lepas dari persiapan kompetisi tersebut. Selain itu, adanya tantangan dan juga kendala tidak menghalangi semangat mereka untuk terus mengoptimalkan kerja robot yang mereka buat. ” Disini kita harus mencari ide untuk mekanisme pengambilan bola dengan baik. Yang terpenting dari pertandingannya yaitu ketelitian dan ketepatan gerak robot sehingga bisa mendapat poin yang tinggi,” ungkap Muhammad Rizki Pratama.

Selama demo berlangsung, robot berhasil menyelesaikan misi dengan baik. Dr. Zainal Arief, ST., MT. turut memberikan berbagai saran dan strategi agar bisa memenangkan kompetisi tersebut. ” Dari latihan tadi sudah berjalan dengan baik, namun perlu terus dimaksimalkan dari cara pengendalian robotnya. sehingga nantinya dapat terselesaikan dengan waktu yang singkat. Harapannya setelah ini mereka bisa terus memantapkan persiapan dan bisa memperoleh Gold Medal pada Worldskill Competition 2019 ini,” tutur Dr. Zainal Arief, ST., MT. selaku Direktur  PENS. (umi)