Pamekasan, pens.ac.id –  Sebagai bentuk nyata pengabdian kepada masyarakat, Forum  Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi Surabaya-Madura (FKMB Suramadu) usai menyelenggarakan Bina Desa Jilid VII pada (28/7-10/8). Merupakan agenda tahunan, kali ini mahasiswa bidikmisi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) turut mengikuti kegiatan tersebut. Bina desa di kali ini bertempat di Desa Tanjung, Pamekasan dengan bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki masyarakat sekitar.

Sebanyak 85 mahasiswa dari 14 Perguruan Tinggi  yakni sembilan dari Surabaya, tiga kampus di Madura, satu dari kampus yang ada di  Kediri, dan juga dari Banyuwangi ikut terjun langsung pada pengabdian ini. ” Pada acara ini dapat melatih kepekaan terhadap tempat-tempat yang masih banyak kekurangan. Selain itu dapat melatih kerjasama dan saling menghargai satu sama lain. Kemudian dengan adanya Bina Desa, dapat meningkatkan kepedulian teman-teman terhadap lingkungan dan sesama,” ungkap Muhammad Billit Shotta’ Purana selaku Penanggung Jawab dari PENS.

Selama Bina Desa berlangsung, adapun berbagai kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di desa ini. Dimulai dari Sosialisasi buta huruf, les privat, pelatihan kerajinan tangan, mengaji, hingga pengenalan ekstrakulikuler pramuka dan juga gerak jalan. Kegiatan ini pun memberikan banyak pengalaman kepada para panitia. ” Merupakan suatu kesempatan emas bagi kami dalam pengabdian ini karena memperoleh banyak manfaat, banyak relasi, dan mengenal berbagai karakter,” tutur Anisa Habsari sebagai delegasi PENS.

Pengabdian ini pun diakhiri dengan digelarnya perlombaan yang diikuti oleh adik-adik untuk memperingati hari 17 Agustus. Dipenghujung kegiatan, terdapat pula pementasan seni dan pembagian hadiah sebagai bentuk perpisahan diantara mereka. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesan positif bagi desa tersebut untuk terus mengembangkan ilmu yang telah diajarkan. (umi)