Surabaya, pens.ac.id – Sebagai bentuk upaya memberikan wawasan kepada para dosen khususnya di bidang Digital Signal Processing (DSP), Senin (12/8) telah usai diselenggarakan pembukaan pelatihan International Training on Digital Signal Processing yang bertempat di Hotel Swiss Bellin Surabaya. Program ini merupakan bentuk kerjasama dari Polytechnics Education Development Project atau (PEDP), Directorate General of Learning And Student Affairs (DGLSA) dengan National Institute of Technology Kumamoto College, Japan dan juga Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Pembukaan diawali dengan sambutan oleh direktur PENS yakni Dr. Zainal  Arief, ST., MT yang dilanjutkan oleh Hendra Suryanto sebagai Kepala Subdirektorat pendidikan vokasi dan profesi DGLSA. Kemudian terdapat pula pemaparan materi oleh Prof. Shimada Yasuyuki mengenai pengetahuan dasar DSP dan juga materi lainnya dari dosen PENS. Saat dibukanya sesi tanya jawab, para peserta tampak antusias memberikan pertanyaan. “Disini saya menjelaskan tentang Digital Signal Processing dan saya harap nantinya para peserta dapat mengimplementasikan teori ini,” jelas Prof. Shimada Yasuyuki sebagai pemateri.

Pada program ini, Kemenristekdikti menunjuk PENS untuk menjadi tuan rumah pada pelatihan yang sekaligus menjadi ajang jaringan kerja antar politeknik se-Indonesia. Sebanyak 20 peserta dari sepuluh politeknik di Indonesia ikut berpartisipasi pada pelatihan yang diselenggarakan hingga (16/8). Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Laboratorium pemrosesan sinyal Gedung D4 PENS.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta diajarkan lebih dalam dan dipandu untuk memahami DSP berdasarkan modul yang telah disediakan. “Dalam program ini, PENS dipercaya untuk menyelengarakan pelatihan tersebut dan diharapkan dapat menambah wawasan para peserta serta bisa diimplementasikan di kampusnya masing-masing. Selain itu kegiatan ini juga merupakan kesempatan besar yang saya harap nantinya terdapat kolaborasi lebih lanjut namun di bidang yang berbeda,” tutur Dr. Zainal Arief, ST., MT. selaku Direktur PENS. (umi)