Surabaya, pens.ac.id – Merupakan salah satu pergutuan tinggi terbaik di Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) terus berupaya untuk meningkatkan publikasi internasionalnya. Senin (5/8), telah usai digelar Workshop Penulisan Jurnal Internasional dan Strategi Pengelolaan Laboratorium Riset. Bertempat di Ruang Teater PENS, kegiatan diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari kalangan dosen dan mahasiswa baik dari PENS maupun perguruan tinggi lainnya.

Workshop ini diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) PENS yang bekerja sama EMITTER International Journal of Engineering Technology. Dihadirkan Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom. yang merupakan seorang Guru Besar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Ia juga menjabat sebagai Ketua IEEE Indonesia.

Dimulai pada pukul 09:00 WIB, kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala P3M PENS, Dr. Ir. Anang Tjahjono, M.T. Sesi pemaparan materi dimoderatori oleh Dr. Prima Kristalina, S.T., M.T. Materi pertama bertajuk Enhancing the Number of International Journal Publication. Pada materi ini, para peserta diberi wawasan mengenai publikasi karya di berbagai jurnal internasional. “Selama menempuh Pendidikan ataupun menjadi dosen, kita harus maksimalkan potensi kita. Jangan cuma asal lulus, harus usaha dulu, publikasi karya kita,” ujar Prof. Wisnu.

Sesi materi kedua yakni mengenai Pengembangan dan Strategi Pengelolaan Laboratorium Riset. Prof. Wisnu menjelaskan kiat-kiat untuk mengembangkan sebuah laboratorium riset agar meningkatkan produktivitas dari laboratorium tersebut. Selain itu, juga ditekankan mengenai pentingnya berkolaborasi dengan researcher lain agar dapat menghasilkan karya yang maksimal.

Selama kegiatan, ratusan peserta workshop yang memadati lokasi terlihat antusias dengan materi yang diberikan. Prof. Wisnu juga membagikan beberapa buku yang telah ia terbitkan kepada beberapa peserta yang aktif melontarkan pertanyaan. Diharapkan, workshop ini dapat menambah wawasan seluruh peserta yang hadir dan kedepannya dapat berguna bagi upaya peningkatan publikasi di berbagai jurnal nasional maupun internasional. (res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian