Surabaya, pens.ac.id – Ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-32 telah di depan mata. Sebanyak 15 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) asal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) telah dinyatakan lolos ke kompetisi ini. Dalam mempersiapkan seluruh tim untuk berkompetisi, Jumat (2/8) telah usai digelar Pembukaan Inkubasi yang merupakan langkah pengawalan Tim PKM menuju PIMNAS ke-32. Diikuti ke-lima belas tim, kegiatan bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS.

Pada Pembukaan Inkubasi, terdapat sesi pemaparan materi oleh Dimas Okky Anggriawan, S.T., M.T. yang merupakan Koordinator Penalaran PENS. Ia menyampaikan teknis dan membekali mahasiswa dengan informasi-informasi penting mengenai PIMNAS. Selain itu, beberapa pembekalan juga disampaikan oleh antara lain Dr. Zainal Arief, S.T., M.T., Ir. Anang Budikarso, M.T., Drs. Achmad Basuki, M.Kom., Ph.D., serta Riyanto Sigit, S.T., M.Kom., Ph.D.

Peningkatan yang membanggakan ditorehkan oleh Mahasiswa PENS pada PIMNAS tahun ini. Jumlah PKM yang berhasil lolos ke ajang PIMNAS, yakni sebanyak 15 tim, mengalami peningkatan dari tahun lalu dimana PENS berhasil mengirim 12 tim terbaiknya. “Tahun ini adalah rekor terbanyak PENS dalam meloloskan tim-nya ke PIMNAS. Saya kaget karena tahun ini kita mengalami penurunan di pendanaan. Target ke PIMNAS sebenarnya hanya 5 tim, dan bahwa ada 15 tim yang lolos ini di luar ekspektasi. Kami sangat bersyukur dan akan kami maksimalkan semua tim ini,” ujar Dimas.

15 tim tersebut terdiri dari 11 tim PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 3 tim PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), dan 1 tim PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK). Seluruh tim nantinya akan dibekali dengan bimbingan dan pengawalan menuju PIMNAS ke-32 yang akan digelar selama lima hari (27-31/8). Bimbingan intensif atau yang juga disebut Inkubasi ini akan diadakan selama dua minggu (5-26/8) kedepan.

Adapun agenda selama Inkubasi meliputi pendampingan pembuatan laporan akhir, artikel ilmiah, poster, serta simulasi presentasi. Tiap tim didampingi oleh seorang Dosen Pembina PKM yang akan mengawal persiapan tim menuju PIMNAS. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan performa tim saat berkompetisi nantinya. “Semoga selama inkubasi ini semua tim ini bersemangat, kompak, dan berkomitmen bersama-sama sehingga bisa kita capai hasil maksimal di PIMNAS 32,” imbuh Dimas. (res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian