Surabaya, pens.ac.id – Memasuki tahun ajaran baru, berbagai jalur penerimaan telah dibuka mulai dari jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK-PN) dan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) pada beberapa waktu yang lalu. Kali ini Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menghelat kegiatan jalur Seleksi Mandiri (SIMANDIRI) pada Sabtu (20/7). Berlangsung di Gedung D3, D4, serta Pascasarjana PENS, kegiatan diikuti sebanyak 1216 peserta dari berbagai penjuru daerah.

Dimulai pada pukul 08.00 WIB, peserta ujian tampak memadati area PENS sejak pagi. Merupakan kesempatan terakhir bagi para pendaftar yang ingin melanjutkan pendidikannya di PENS ini, prosentase kuota penerimaan pada jalur SIMANDIRI mencapai 20% yang telah terbagi dengan PMDK-PN sebesar 30% dan 50% dari UMPN. Sama halnya dengan jalur UMPN, terdapat penambahan materi yang diujikan yakni tes Skolastik yang terdiri dari 40 soal dengan durasi 30 menit.

Selain itu, peserta juga diberikan sebanyak 100 soal dengan waktu pengerjaan selama 150 menit. Empat materi yang diujikan mulai dari 20 soal Bahasa Indonesia, 20 soal Bahasa Inggris, 30 soal Matematika, serta 30 soal Fisika. “Karena saya sudah persiapan belajar sejak UMPN sehingga untuk di SIMANDIRI ini hanya perlu diulang saja agar lebih matang,” tutur salah satu peserta, Melati Putri Nilamsari.

Sama halnya dengan UMPN, bagi peserta yang memilih Program Studi Multimedia Broadcasting, terdapat tes bakat artistik yang diselenggarakan di Ruang Teater serta Ruang HH103, HH104, HH105 Gedung D3 PENS. Dari total pendaftar, akan diambil sebanyak 150 siswa yang berhasil diterima jalur SIMANDIRI. “Mungkin dari para pendaftar sudah mencoba jalur penerimaan lainnya namun tidak lolos sehingga menjadikan kuliah di Politeknik ini sebagai pilihan utama mereka,” ujar Dr. Indra Adji Sulistijono, ST., M.Eng selaku Wakil Direktur Bidang Akademik. (biy/msa)

wpChatIcon
EnglishIndonesian