Surabaya, pens.ac.id – Guna memberikan wawasan inovasi dalam dunia kesehatan yang berkolaborasi dengan teknologi terkini, EEPIS Wireless Sensor Network (EWSN) Research Group telah usai menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk “Smart Ehealth” pada Rabu (17/7). Mengusung topik Ehealth Solution Trustmedis, turut menghadirkan Achmad Zulkarnain Al Jufri yang merupakan CEO Trustmedis sebagai pembicara. Kegiatan yang dihelat di Laboratorium Teknik Jaringan Komputer dan Web Lantai 5 Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini, diikuti oleh mahasiswa aktif PENS.

Trustmedis sendiri merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan software kesehatan ini, memaparkan materi meliputi pengenalan Ehealth Solution Trustmedis serta produk-produk yang dimiliki. “Dalam membuat sebuah inovasi atau suatu riset di bidang kesehatan seharusnya kita memperhatikan kebutuhan market, itu merupakan poin penting yang harus dilakukan mahasiswa saat ini,” ujar Achmad Zulkarnain Al Jufri.

Salah satu tahapan yang penting sebelum melakukan riset yaitu validasi, dimana mahasiswa bisa mengetahui kebutuhan di masyarakat maupun dunia kesehatan. Di era industri 4.0, teknologi yang berkembang semakin memudahkan pelayanan kesehatan baik tenaga medis maupun non medis. Dengan begitu, kebutuhan sinergi secara real time dapat dirasakan disemua kalangan.

Di penghujung kegiatan, beberapa mahasiswa PENS diberikan kesempatan untuk melakukan demo perihal riset yang telah dilakukan. Seperti riset Sistem Monitoring Denyut Jantung dan Kadar Oksigen oleh Habib Fadli Akbar serta Pemantauan E-health pada Olahragawan oleh Dhodit Rengga Tisna. Riset kedua mahasiswa ini mendapatkan respon yang baik dari para mahasiswa juga oleh CEO Trustmedis sebagai pembicara. “Riset yang dilakukan oleh mahasiswa ini sudah cukup baik, hanya perlu pembenahan beberapa saja. Harapannya mahasiswa lain bisa open mind terkait teknologi-teknologi yang sudah canggih yang bisa memperbaiki system kesehatan di Indonesia” imbuhnya. (msa/biy)

wpChatIcon
EnglishIndonesian