Surabaya, pens.ac.id – Menempuh bangku perkuliahan di salah satu kampus terbaik di Indonesia tentunya bukanlah hal yang mudah. Usai menempuh tiga ataupun empat tahun studi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), saat ini Mahasiswa Tingkat Akhir tengah dihadapkan dengan Sidang Proyek Akhir. Bertempat di Kampus PENS, sidang ini digelar selama kurang lebih sepekan, dimulai pada Senin (8/7) lalu.

Sidang Proyek Akhir kali ini diikuti oleh Mahasiswa Program Diploma III angkatan 2016 dan Program Sarjana Terapan angkatan 2015. Kegiatan dimulai sejak pukul 08:00 WIB. Setiap mahasiswa diberikan waktu selama 35 menit untuk melakukan presentasi beserta sesi tanya jawab di hadapan dosen pembimbing beserta dosen penguji.

Berbagai persiapan tentunya telah dilakukan oleh mahasiswa. Mulai dari pengerjaan proyek akhir beserta buku, jurnal, serta materi presentasi. Suasana tegang telah nampak sejak para mahasiswa berkumpul di depan ruangan sidang menunggu giliran untuk menyajikan karya mereka.

Selain dosen pembimbing, tiga orang dosen penguji juga turut hadir pada sidang ini. Usai menyajikan presentasi, terdapat sesi tanya jawab. “Senang tadi sidangnya lancar, pembimbing juga enak, walaupun ada revisi. Tapi itu pasti lah, kita gak mungkin sempurna tanpa satupun revisi dari dosen,” ujar Mahasiswa dari Prodi Teknik Komputer, Abdi AlghifaraFelinanda.

Merupakan satu tahap dari uji kelayakan bagi kelulusan mahasiswa, melewati proses Sidang Proyek Akhir ini tentu membuat mahasiswa bernafas lega. “One step closer ya menuju wisuda. Udah lega sih, tapi ya itu tadi ada revisi, tapi tetep alhamduilillah udah agak plong,” ujar Siti Aminah, mahasiswa tingkat akhir Prodi Teknik Mekatronika. Diharapkan, mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhirnya dengan tuntas sampai tiba pada momen kelulusan yakni Wisuda PENS ke-13 yang akan digelar September mendatang. (res)