Surabaya, pens.ac.id – Sebagai sebuah instansi pendidikan tinggi, pembuatan publikasi baik nasional maupun internasional sudah tidak asing lagi di kalangan dosen dan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Guna meningkatkan kualitas publikasi tersebut, Program Pascasarjana Terapan PENS telah usai menghelat Workshop dan Klinik Penulisan Karya Ilmiah Internasional pada Sabtu (6/7). Terbuka secara gratis untuk seluruh mahasiswa dan dosen, pada kegiatan tersebut dihadirkan salah satu pembicara terkenal, yakni Prof. Dr. Ir. Teddy Mantoro, MSc., SMIEEE dari Universitas Sampoerna.

Dimulai sejak pukul  09.00 WIB, puluhan mahasiswa dan dosen tampak memadati Ruang Mini Theater Gedung Pascasarjana PENS. Pada sesi pertama, pemateri yang merupakan anggota senior dari Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE) ini memberikan materi mengenai penulisan karya ilmiah dengan penyampaian yang komunikatif. Tidak hanya secara teoritis, pemateri juga menunjukkan secara langsung bagaimana menulis sebuah publikasi internasional dengan menunjukkan beberapa publikasi miliknya.

Usai pemaparan pada sesi pertama, sesi kedua dilanjutkan dengan pendampingan bagi peserta yang telah memiliki draf paper atau karya ilmiah. “Pada sesi ini para peserta sudah memiliki paper, nah kami menyediakan lima reviewer untuk menilai apakah paper itu sudah siap di-submit atau belum,” ungkap penanggung jawab acara, Iwan Syarif, S.Kom., M.Kom., M.Sc., Ph.D. Kelima reviewer yang dihadirkan merupakan dosen PENS yang telah bergelar Doktor dan banyak memiliki publikasi, yakni Drs. Ahmad Basuki, M.Kom., Ph.D., Dr. Ir. Prima Kristalina, MT., Dr. Bima Sena Bayu Dewantara, S.ST., MT., Iwan Syarif, S.Kom., M.Kom., M.Sc., Ph.D., serta Riyanto Sigit, ST., M.Kom., Ph.D.

Dengan dihelatnya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dan dosen PENS dapat turut andil dalam upaya peningkatan publikasi internasional. “Indonesia ini termasuk rendah dalam publikasi internasional, maka dari itu tahun ini pemerintah ingin supaya publikasi internasional ini meningkat. Salah satu upaya PENS, ya, dengan kegiatan ini,” tutur penanggung jawab acara. Tidak hanya itu, beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat melatih mahasiswa Program Pascasarjana Terapan PENS untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan, yakni memiliki publikasi internasional di jurnal terakreditasi. (tts/res)