Surabaya, pens.ac.id – Waktu liburan tidak menjadikan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhenti produktif. Meskipun jadwal perkuliahan di kelas telah usai, Sabtu (6/7), Departemen Riset dan Teknologi (Ristek) Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIT) PENS menyelenggarakan Seminar dan Workshop bertajuk “Working with Flutter”. Bertempat di Ruang Theater Gedung D3 PENS, tercatat sebanyak 70 peserta dari dalam dan luar PENS hadir untuk mengikuti kegiatan ini.

Dimulai sejak pukul 10.00 WIB, kegiatan dibuka dengan sambutan dari Penanggung Jawab Kegiatan yakni Rochimatus Sadiyah. Selanjutnya Pramudita Pratama selaku Ketua HIMIT dan Tri Harsono S.Si., M.Kom., Ph.D yang merupakan Kepala Departemen Teknik Informatika dan Komputer secara berurutan menyampaikan sambutannya di depan seluruh peserta yang hadir. Usai seluruh sambutan, acara dilanjuutkan dengan pemaparan materi oleh M. Lucky Pradana.

Seperti tema yang diusung pada kegiatan ini, Flutter menjadi pembahasan utama yang dipaparkan. Flutter adalah framework keluaran Google yang digunakan dalam pengembangan aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS. “Flutter ini buatan Google, baru dirilis 2017 lalu, nah sekarang lagi booming. Maka dari itu kami memilih tema ini,” ungkap Penanggung Jawab Kegiatan. Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya seminar ini diharapkan mahasiswa dapat paham mengenai Flutter dan cara penggunaannya, serta dapat mempermudah mereka dalam membuat aplikasi mobile.

Usai pemaparan materi, seluruh peserta juga diajak secara langsung untuk melakukan workshop penggunaan Flutter. “Dari awal sampai akhir aku dapet banyak banget insight mulai dari pengenalan Flutter sampai workshop yang menurutku penjelasannya dapet banget,” ungkap salah satu peserta asal Universitas Negeri Surabaya, Faishal Rusyidan. Ia berharap kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut dan semakin baik ke depannya. (tts/res)