Surabaya, pens.ac.id – Penyelenggaraan ke-sepuluh kompetisi robot terbesar di Indonesia oleh Himpunan Mahasiswa Elektronika (Hima Elka) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yakni Java Robot Contest (JRC) sudah di  depan mata. Mengusung tema FUSION (Fourth Industrial Revolution), Kamis (4/7), telah usai dihelat Seminar Industri 4.0 yang merupakan serangkaian kegiatan JRC 10. Bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS, kegiatan diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Pada seminar ini diusung tema “Peran Aktif Pelaku Industri dalam Mewujudkan Making Indonesia 4.0”. Dihadirkan tiga pemateri dari dunia industri yakni Kurniawan Imam Ghozzali, S.ST. dari PT. Len Industri, serta Dr.Eng. Handri Santoso dan Febri Andriani, S.ST., M.Eng. dari PT. Yokogawa Indonesia. Tidak hanya itu, Reesa Akbar, S.ST., M.T. yang merupakan Dosen PENS juga turut mengawali seminar dengan pengenalan Kampus PENS dan juga Drone for Industri 4.0 yang merupakan riset dari beberapa Dosen PENS. “Ini sebagai acara penunjang dari JRC 10. Kami mengkorelasikan seminar ini dengan tema yang ada dan tentunya juga dipilih topik yang memang sedang tren dibahas sekarang ini, yaitu Industri 4.0,” ujar Riski Mahendri selaku Ketua Pelaksana.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 13:00 WIB ini dibuka dengan sambutan oleh Dr.Eng. Zainal Arief, S.T., M.T. selaku Direktur PENS. Lalu dilanjutkan dengan materi dari Kurniawan yang juga merupakan alumni Teknik Elektronika PENS mengenai Transportasi di Era Industri 4.0. Materi dari PT Yokogawa Indonesia mengenai peran teknologi dalam Revolusi Industri 4.0 menutup kegiatan kali ini.

Sesi tanya jawab berlangsung sangat antusias. Sejumlah pertanyaan kritis dilontarkan oleh para peserta seminar. Diharapkan, seminar ini dapat membuka wawasan mahasiswa maupun khalayak umum mengenai Industri 4.0 dan bagaimana mempersiapkan diri dalam menghadapinya. “Saya harap materi yang disampaikan hari ini dapat terserap dan bermanfaat bagi semua yang hadir,” imbuh Riski. (res)

wpChatIcon
EnglishIndonesian