Surabaya, pens.ac.id – Program Digital Tallent Scholarship (DTS) 2019 yang digelar di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi dibuka (1/6/2019). Bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, acara dibuka oleh Direktur PENS, Dr. Zaenal Arief.

Program DTS berlangsung 1 sampai 31 Juli 2019. Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Informasi PENS Edy Satriyanto, M.Si menjelaskan, program beasiswa pelatihan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ini berfokus untuk meningkatan kompetensi bagi 350 orang lulusan SMK yang belum bekerja. 350 orang tersebut akan dibagi ke beberapa bidang, yaitu 150 orang dibidang Junior Network Administrator, 50 orang bidang Junior Graphic Designer untuk 50 orang, Intermediate Animator 50 peserta dan  Junior Mobile Programmer untuk 100 orang.

Dalam berlangsungnya acara, peserta terlihat memadati dan menempati kursi yang telah disediakan. Pada awal pembukaan, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, disusul oleh sambutan Direktur. Kegiatan resmi dibuka setelah Direktur melakukan penyematan, dengan  memakaikan kemeja ke perwakilan 3 peserta.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai pelaksaan program DTS oleh Ketua Unit Pelatihan dan Sertifikasi, Aries Pratiarsi ST, MT.  Penjelasan yang disampaikan  meliputi tempat pelatihan, jadwal, serta pembagian materi yang akan dipelajari.

Program DTS 2019 bertujuan untuk mencetak SDM level teknisi dalam bidang digital. Nantinya dalam program ini juga menyediakan materi kewirausahaan digital dan professional skill development bagi seluruh peserta. Dimana materi pelatihan akan disampaikan oleh pakar-pakar digital dari berbagai bidang seperti bidang kesehatan, makanan, properti, pertanian, transportasi, games, crowdfunding, e-commerce, dan fintech.

Kominfo bekerjasama dengan 23 politeknik negeri yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk PENS dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP).

(Hum)

wpChatIcon
EnglishIndonesian