Semarang, pens.ac.id – Tim EEPIS Intellegent Leg Robot (EILERO) telah usai melangsungkan babak ketiga. Dimana dibabak ini merupakan putaran terakhir untuk penentuan juara pertama. Dihelat di Hall B The Club Graha Padma, EILERO dihadapkan dengan 19 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya, pada babak terakhir ini penyalaan api juga robot dilakukan oleh Liaison Officer (LO) dari panitia. 

Memulai dengan strategi yang tidak jauh berbeda dari penyisihan kedua maupun pertama membuat robot ini berhasil selesaikan misi meskipun tidak bisa secepat pada babak penyisihan kedua. Setelah robot dapat menangkap sensor suara yang dilakukan ketika robot diturunkan kelapangan. Robot ini segera mencari sensor api untuk menyelesaikan misinya. Meskipun sempat mengunjungi beberapa ruang kosong dan melewati jebakan kucing, robot ini berhasil menyelesaikan misi dengan baik dan gesit.

Robot api PENS ini berhasil memadamkan api dengan perhitungan waktu 33,1 detik dan melakukan return trip untuk kembali kerumah dalam waktu 14,4 detik. Sehingga tim EILERO dapatkan nilai total 3,82 dari babak penyisihan pertama hingga akhir. Dengan usainya pertandingan pada babak penyisihan terakhir ini, membuat robot yang termasuk dalam divisi Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) milik PENS yaitu EILERO keluar sebagai Runner Up pada Kontes Robot 2019 Nasional. (ENTCrews)

wpChatIcon
EnglishIndonesian