Semarang, pens.ac.id – Perhelatan Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 Nasional telah dimulai. Akan dihelat selama empat hari (20-23/6), KRI Nasional kali ini bertempat di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Kali ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) meloloskan empat robot terbaiknya.

KRI Nasional 2019 memperlombakan enam divisi yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola (KRSBI) Humanoid, serta Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Sebanyak 121 tim dari seluruh divisi yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia turut bersaing dalam kompetisi tahunan ini.

Empat robot PENS, yakni EEPIS Robot Soccer Wheel (ERSOW), EEPIS Intelligent Leg Robot (EILERO), EEPIS Robot Intelligent In Sense of Art (ERISA), dan PENSAE telah usai berkompetisi pada KRI 2019 Regional IV April lalu. Pada ajang ini, tiga dari empat robot, yakni ERSOW, ERISA, dan EILERO berhasil lolos dan berhak melaju ke tahap nasional. Sedangkan EROS yang meraih Juara 1 pada Divisi KRSBI Humanoid KRI Nasional 2018 lalu secara otomatis dinyatakan lolos ke KRI 2019 Nasional tanpa keikutsertaan di tingkat regional.

Usai dinyatakan lolos tahap regional, keempat tim tidak lantas berpuas diri. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh tim guna memberikan performa yang lebih matang. Walaupun hanya meloloskan empat dari lima robotnya, PENS tetap optimis untuk bawa pulang hasil terbaik. (ENTCrews)