Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa PENS di ajang bergengsi Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) dan Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Negeri (KMIPN) 2019, PENS telah usai menggelar Seleksi Internal selama dua hari (12-13/6). Diikuti sebanyak 45 peserta yang datang dari berbagai jurusan, kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang D3 Lt.1 PENS.

Pada kesempatan ini, setiap tim yang beranggotakan tiga orang diberikan kesempatan untuk menyampaikan hasil dari apa yang mereka rencanakan. Setiap tim diberikan waktu lima menit untuk persiapan serta presentasi. Setelah presentasi usai, para dosen yang juga menjadi juri pada seleksi kali ini memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan apa yang telah di sampaikan dalam presentasi.

Adanya kompetisi bergengsi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sehingga mampu berperan sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia. Beberapa kategori pun turut dilombakan dalam ajang ini. Mulai dari Hackathon, Animasi, Bisnis TIK, e-Government, Keamanan Jaringan, Cipta Inovasi, Internet of Things (IOT), serta Game Development. “Untuk Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) juga memiliki beberapa kategori yang hampir sama dengan KMIPN, sehingga para mahasiswa bisa mengikuti dua ajang bergengsi ini dengan satu karya yang telah dibuat,” tutur Jauhari Akhmad Nur Hasim S.ST., M.Kom selaku perwakilan tim penilai.

Antusiasme yang sangat baik ditunjukkan oleh para mahasiswa terhadap ajang ini. Adapun beberapa kategori yang paling diminati Mahasiswa PENS yakni Game Development, Hackathon, Bisnis TIK, serta Pengembangan Perangkat Lunak. “Dengan adanya seleksi ini para mahasiswa diharapkan lebih siap menghadapi kedua event tersebut juga bisa membagi waktu agar bisa terus mengikuti proses dari perlombaan ini yang terhitung masih jauh dan nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” imbuhnya. (msa/res)