Surabaya, pens.ac.id – Nuansa hangat selepas perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 lalu, masih terasa hingga kegiatan Silaturrahim Keluarga Besar Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1440 H/2019 M yang usai diselenggarakan pada Minggu (8/6). Kegiatan yang sekaligus menjadi ajang halal bihalal tersebut, dihadiri oleh 500 dosen, karyawan beserta keluarga masing-masing. Bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan bertujuan untuk membangun ukhuwah islamiyah, kebersamaan, serta silaturahim dalam momen yang fitri ini.

Kegiatan diawali dengan lantunan lagu-lagu religi oleh penampilan dari grup musik sejak pukul 09.00 WIB. Selanjutnya, Direktur PENS yaitu Dr. Zainal Arifin, S.T, M.T turut memberikan sambutan. Beliau menyampaikan rasa syukurnya karena masih diberi kesempatan untuk dapat berkumpul dalam suasana yang bahagia ini. “Kegiatan ini sudah menjadi tradisi sejak didirikannya PENS, untuk meningkatkan kedekatan, kebersamaan serta rasa kekeluargaan tidak hanya dosen dan karyawan namun keluarganya pula,” tutur Edi Satriyanto, S.Si., M.Si selaku koordinator kegiatan.

Merupakan agenda tahunan, kegiatan silaturrahim kali ini turut menghadirkan KH. Imam Hambali sebagai pembicara. Dalam tausiahnya, KH. Imam Hambali menghimbau untuk saling menghargai dan pandai menjaga lisan dalam kehidupan bermasyarakat yang tidak terlepas dari perbedaan agar mendapatkan ridha Allah SWT. 

Usai ceramah yang ditutup dengan doa, kegiatan semakin meriah dengan adanya pembagian doorprize bagi para hadirin. Suasana berubah menjadi khidmat ketika seluruh tamu undangan secara bergiliran saling bersalaman dan bermaaf-maafan. Ramah tamah sembari menikmati hidangan yang disediakan, menandakan berakhirnya kegiatan hari tersebut. “Acara ini sangat luar biasa meski hanya satu tahun sekali, namun disini kita merasakan ini loh keluarga besar PENS, bahwa kita ini satu,” ungkap Eny Kusumawati, S.Pd, M.Pd, salah satu hadirin sekaligus Dosen Pengajar PENS. (biy/res)