Surabaya, pens.ac.id – Himpunan Mahasiswa of Computer Engineering (HMCE) PENS telah usai menyelenggarakan Social Project in Computer Engineering of Ramadan (SPICER) 2019 dengan berkolaborasi bersama Yayasan Yatim Mandiri. Dihelat selama dua hari (25-26/5) di Kampus PENS, kegiatan ini turut dihadiri sebanyak 50 anak binaan dari Yayasan Yatim Mandiri.

Merupakan agenda rutin setiap bulan Ramadan, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kaprodi Teknik Komputer , yakni Riyanto Sigit ST, M.kom, Ph.D dan dilanjutkan dengan sambutan oleh H. Ainul Mahbub S.Hi selaku kepala cabang Yayasan Yatim Mandiri. Pada kesempatan ini, para anak-anak binaan Yayasan Yatim Mandiri mendapatkan beberapa materi diantaranya, Dinamika Kelompok dan Taaruf, Etika Berkomunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadits, Public Speaking, dan Workshop Robot Soccer.

Dikemas dalam Pesantren Ramadan Kreatif, anak-anak binaan Yayasan Yatim Mandiri diajak untuk mengenal agama secara lebih luas. Pada hari pertama turut hadir Ustadz Chandra untuk mengisi materi Etika Berkomunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadits. Menariknya, beliau tidak datang sendiri, melainkan bersama Superhero beramal yang membuat antusias anak-anak meningkat dan mudah memahami dengan baik materi yang akan disampaikan. “Secara sederhananya mereka disini diajak untuk dikenalkan teknologi pembuatan robot yang ada dan memberikan wawasan cita-cita yang mandiri untuk esok,” tutur Mujib,  Staff  Program Yatim Mandiri.  Selain itu, mereka pun  mengaji dan mendengarkan kajian islami sebelum melakukan buka bersama dan sholat tarawih berjamaah. Tadarus pun dilaksanakan sebelum mereka beristirahat.

Puncak kegiatan ini dilaksanakan pada hari kedua yakni workshop Robot Soccer,  yang dipandu secara langsung oleh Anang Habibi yang merupakan alumni dari program Studi Teknik Komputer tahun 2012. Robot yang dibuat cukup sederhana yakni dari stik ice cream. Dari Robot Soccer yang telah dibuat, mereka melakukan presentasi dengan meningkatkan slogan berani tampil, berani bicara. “Harapan kedepannya HMCE mampu meningkatkan jiwa sosial serta berbagi kebahagiaan yang lebih lagi kepada mereka-mereka yang membutuhkan,” imbuh Eva Rahmadanti, Penannggung Jawab SPICER 2019. (msa/res)