Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk menjadi salah satu perguruan tinggi vokasi yang berbasis World Class Polythecnic (WCP), PENS kerap mengadakan kegiatan pertukaran pelajar demi membangun relasi dengan dunia internasional. PENS International Cooperation Office (PICO) telah usai menghelat kegiatan yang bertajuk Ngabuburit with PICO pada Senin (27/5). Bertempat di Gedung Teater D3 PENS, kegiatan diikuti oleh 70 mahasiswa aktif PENS.

Dengan mengusung tema “The Secret of Becoming The Selected PENS’ Student for Student Exchange Programs”, kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Dr. Zainal Arief, ST., MT selaku Direktur PENS. Kegiatan yang digelar perdana tersebut, menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya perihal pertukaran pelajar. Pada sharing session kali ini, turut diundang tujuh pemateri yang merupakan penerima student exchange program oleh South Asean Minister Education Organization (SEAMEO) dan Japan.

Dalam kesempatan tersebut, pemateri memaparkan mengenai pengalaman mereka selama menjalani program student exchange serta kultur budaya dari negara yang mereka kunjungi. Selain itu, diberikan pula tips dan trik bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program student exchange atau melanjutkan studynya di luar negeri. “Saya mendukung banget dengan diadakannya acara ini, jadi teman-teman bisa tahu kehidupan disana itu gimana dan apa saja yang dilakukan,” tutur ketua pelaksana kegiatan, Fauziah Ikhrar Ayuni.

Walau diadakan ketika bulan ramadan, antusias peserta tetap terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan saat sesi tanya jawab. “Dengan kegiatan seperti ini, jadi lebih termotivasi buat ikut kegiatan internasional termasuk student exchange ataupun melanjutkan S2 keluar negeri,” ungkap salah satu peserta, Ersa Resita. Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, diharapkan dapat membuka wawasan serta pandangan mahasiswa, dan dapat turut berpartisipasi dalam kemajuan kampus PENS. (biy/dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian