Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Internal I Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pada Kamis (16/5).  Menempati delapan ruang kelas di Gedung D4 PENS, kegiatan ini diikuti oleh 37 tim dari PENS yang lolos pendanaan. Tidak hanya mahasiswa, beberapa dosen pembina juga tampak hadir sebagai penguji dalam momen tersebut. Kegiatan ini juga merupakan langkah awal PENS sebagai bentuk pengawalan tim PKM PENS.

Dimulai sejak pukul 15.30 WIB, seluruh tim yang hadir dibagi menjadi lima kloter. Setiap tim memiliki durasi 20 menit dengan pembagian tujuh menit untuk mempresentasikan karyanya dan 13 menit sebagai sesi tanya jawab dengan penguji. Setelah melakukan registrasi, setiap tim secara bergiliran memasuki ruang kelas yang telah disediakan. Adapun bidang PKM yang lolos diantaranya 26 dari PKM-KC, enam dari PKM-PE, empat dari PKM-T dan satu PKM-K.

Beberapa persiapan telah dilakukan oleh setiap tim. Mulai dari menyiapkan power point sebagai media presentasi maupun logbook yang merupakan buku perkembangan progres dari tiap tim. Dalam kesempatan tersebut dosen penguji turut memberikan beberapa pertanyaan kepada para peserta mulai dari teknis cara kerja alat, sistem  dan metode yang digunakan, hingga ketercapaian target.

Pada sesi tanya jawab, mahasiswa juga diberi kritik dan saran serta  motivasi untuk terus mengerjakan karyanya dengan sebaik mungkin. Dengan adanya Monev Internal I ini seluruh tim pun berharap dapat lebih siap menghadapi Monev Eksternal. “Semoga di Monev selanjutnya, kami bisa lebih siap dan karya yang kami presentasikan dapat lebih baik lagi,” harap Wahyu Arifin, salah satu Ketua tim PKM yang lolos pendanaan. (dya)