Surabaya, pens.ac.id – Dalam rangka meningkatkan wawasan mahasiswa dibidang teknologi pemrograman, Program Studi Teknik Mekatronika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Dasar Neural Network Teori Hingga Penerapan Dengan Matlab dan Phyton. Berlangsung selama tiga hari (2-4/5), kegiatan yang bertempat di ruang JJ-102 tersebut turut dihadiri oleh 40 mahasiswa dan beberapa dosen PENS.

Dibuka dengan sambutan dari Dr. Indra Adji Sulistijono, ST., M.Eng. sejak pukul 09.00 WIB, kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pandangan mahasiswa perihal ilmu pemrograman khususnya untuk mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyelesaikan Tugas Akhir (TA). Menghadirkan tiga pemateri, pada hari pertama Dr. Basuki Rahmat, S.Si, MT. asal Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, menyampaikan materi perihal aplikasi dari Neural Network (NN) serta Deep Learning dalam kehidupan hingga implementasi secara langsung pada software Anaconda Phyton.

Pada hari kedua, materi mengenai Surface Learning dengan software Matlab disampaikan oleh Zaqiatud Darojah, S.Si, M.Si. Penyampaian materi oleh Anhar Risnumawan, S.ST, M.Sc, yang meliputi materi TensorFlow hingga Convolutional Neural Network (CNN) dengan Google Colaboratory menjadi penutup kegiatan di hari tersebut. “Penerapan dari Neural Network dan Deep Learning banyak sekali, sehingga penting bagi mahasiswa untuk menguasai secara konsep atau materi maupun mencoba secara praktiknya menggunakan pemrograman di Phyton,” ungkap salah satu pemateri, Dr. Basuki Rahmat, S.Si, MT.

Tidak hanya berisi pemaparan materi, pada pelatihan ini peserta dapat melakukan sharing dengan pemateri mengenai kendala yang mereka alami.  “Bagus sekali kegiatannya, dari awal yang tidak tahu apa itu NN sampai sekarang jadi cukup paham,” tutur salah satu peserta, Yuniar Enggaresita Dinda Prameswary. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan secara langsung ilmu yang diberikan, serta dapat kembali menghelat kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang. (biy/tts)