Surabaya, pens.ac.id – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menjadi salah satu partner Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menggali potensi mahasiswa. Kominfo menggandeng PENS pada sosialisasi kompetisi tahunan, Indonesia Entrepreneur TIK (idenTIK) 2019. Kegiatan yang merupakan tahap awal dari proses seleksi ini diselenggarakan pada Kamis (2/5), bertempat di Ruang Teater Gedung D3 PENS. Dalam mensosialisasikan kompetisi yang menjadi wadah untuk mendorong pengembangan produk TIK, turut hadir pihak Kominfo dan tiga dewan juri idenTIK 2019.

Sosialisasi diawali dengan sambutan Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief, ST., MT. dan dilanjutkan oleh Slamet Santoso selaku Plt. Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi yang dimoderatori oleh Novianto Puji Raharjo, S.Kom, Ketua Relawan TIK Jawa Timur. Secara bergantian, ketiga dewan juri yakni Shita Laksmi, Barry Simorangkir, dan Djarot Subiantoro memaparkan berbagai penjelasan berkaitan dengan idenTIK 2019.

Dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan, pada sosialisasi kali ini dipaparkan lebih lanjut mengenai idenTIK 2019. Mulai dari alur pendaftaran, kategori lomba, parameter penilaian hingga berbagai alasan mengapa mahasiswa harus mengikuti kompetisi ini turut disampaikan. “Banyak sekali yang didapat dari kompetisi ini, salah satunya adalah mahasiswa dipaksa untuk menuangkan idenya secara sistematis,” ungkap Shita Laksmi. Ia pun juga menekankan bahwa melalui idenTIK ini mahasiswa bisa menjalin banyak relasi dan saling sharing dengan banyak karya dari seluruh Indonesia.

Selain pemaparan materi, terdapat pula sesi sharing bersama alumni PENS sekaligus peraih medali emas pada ajang ASEAN ICT Award (AICTA) 2016 yakni Tiyo Avianto. Sebelum melaju di AICTA 2016, Tiyo dan tim Cubeacon juga tercatat sebagai salah satu pemenang idenTIK 2015. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab dan kuis, yang diharapkan dapat mendulang banyak karya inovatif dari PENS  dan membawa pulang piala kemenangan. (tts/mus)