Yogyakarta, pens.ac.id – Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tidak henti-hentinya menorehkan prestasi. Kali ini (26-27/4), dua tim delegasi PENS berhasil raih prestasinya pada serangkaian kegiatan UNY Fest#7 yang merupakan acara tahunan dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pada kompetisi tersebut, Tim Pak Ndul peroleh juara tiga, dan Tim Hore sukses raih predikat best presentation.

Dalam UNY Fest terdapat beberapa perlombaan. Tim Pak Ndul yang beranggotakan Niken Hastaning Putri, Rizki Alfi Ramdhani dan Muhamat Zaenal Mahmut berhasil raih juara pada UNY IT (UNITY) dalam kategori Software Development Competition. Dalam perlombaan tersebut tim ini merealisasikan ide dalam bentuk aplikasi guna menyelesaikan permasalahan yang ada pada saat ini. “ Kami membuat aplikasi bernama Kayuku yang merupakan platform toko online yang mengusung model bisnis marketplace, dimana apikasi ini ditujukan untuk para pelaku usaha di bidang furniture yang ingin memasarkan produknya, “ ungkap Muhamat Zaenal Mahmut sebagai salah satu anggota.

Sedangkan tim Hore dengan anggota Muhamad Faisal, Nana Putri Ayu Permatasari, serta Mohammad Yusron peroleh juara dalam perlombaan UNY National Innovation Technology (U-NITECH) kategori Internet of Things (IoT). Berbagai persiapan pun telah dilakukan semaksimal mungkin. Pada kompetisi ini tim tersebut membuat I koi yang merupakan smart monitoring dan pengontrol kadar ph serta kelembapan berbasis IoT. “Dengan adanya alat yang kami buat ini diharapkan dapat berkembang dan memberikan manfaat kedepannya,” jawab Nana Putri selaku anggota tim  Hore.

Dengan melewati berbagai tahap yang ada, kedua tim ini telah memberikan performa terbaiknya dalam presentasi. Dengan kemenangan ini kedua tim mengungkapkan bahwa mereka bersyukur dapat membawa nama baik PENS dan semoga produk yang dibuat dapat bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu Muhamat Zaenal Mahmut turut mengungkapkan bahwa semoga tahun depan semakin banyak lagi ide yang lebih baik untuk disertakan dalam lomba tersebut. (umi)

wpChatIcon
EnglishIndonesian