Surabaya, pens.ac.id – Tidak dipungkiri, saat ini dunia teknologi dan bisinis memilki kesinambungan yang cukup baik. Guna menambah wawasan mahasiswa, Jumat(26/4), Program Studi Teknik Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai menyelenggarakan Kuliah Tamu bertema Perkembangan Teknologi dan Bisnis Satelit di Indonesia.Bertempat di Miniteater Gedung Pascasarjana PENS, kegiatan ini turut dihadiri dosen dan ratusan mahasiswa aktif jurusan Teknik Telekomunikasi.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, kegiatan dibuka dengan sambutan oleh I Gede Puja Astawa selaku Departemen Teknik Elektro. Dimoderatori oleh Galih Priambodo, kuliah tamu kali ini turut menghadirkan Hari Usmayadi, M. Kom., selaku VP Segment 2- Consumer, Natural Resources, Maritime, Oil and Gas PT. Telkomsat. Dalam momen tersebut, ia memaparkan materi mulai dari Mobile Satelit Services (MSS) hingga Mobile Apps Vessel Managment System dihadapan para mahasiswa. Tidak hanya itu, VP Strategic Bussiness Development PT. Telkomsat yakni Anggoro K. Widiawan juga turut memaparkan materi akan pentingnya mahasiswa mengetahui peranan komunikasi satelit dalam dunia telekomunikasi.

“Komunikasi satelit adalah komunikasi dasar, jadi sangat penting bagi mahasiswa untuk memahami apa itu satelit, kegunaannya, hingga perbedaannya dengan metode komunikasi yang lain. Pemahaman akan perbedaan itulah yang paling penting sebelum mahasiswa lulus dari PENS,” ungkap Anggoro. Mahasiswa yang hadir tampak antusias saat sesi tanya jawab berlangsung. “Saya sangat terkesan sekali, mungkin karena ini sesuatu yang baru sehingga terlihat antusias mahasiswa sangat tinggi. Sayangnya waktu yang diberikan cukup terbatas,” imbuhnya.

Ditutup dengan review materi oleh salah satu peserta, diharapkan dengan adanya kuliah tamu ini mahasiswa PENS khususnya jurusan Teknik Telekomunikasi dapat terbuka wawasannya perihal komunikasi satelit dan penerapannya dalam dunia bisnis di Indonesia. Anggoro juga berharap supaya mahasiswa memilki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga dapat mengetahui akan kemajuan teknologi dan bisnis yang semakin berkembang. (dya)

wpChatIcon
EnglishIndonesian